nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suzuki Tutup Sementara Keran Pemesanan Jimny, Ini Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Senin 30 September 2019 12:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 30 52 2110947 suzuki-tutup-sementara-keran-pemesanan-jimny-ini-alasannya-nuWTlNJqU2.jpg Suzuki Jimny (foto: Okezone)

JAKARTA - Sejak meluncur di ajang GIIAS 2019 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kewalahan menangani pemesanan konsumen Suzuki Jimny . Berdasar keterangan 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, total pemesanan Suzuki Jimny yang masuk sudah melebihi 2.000 unit.

Donny menyebut munculnya fenomena inden yang cukup lama, bahkan berpotensi mencapai tiga atau empat tahun, dikarenakan keterbatasan pasokan unit dari prinsipal di Jepang. Hingga saat ini, realisasi distribusi Suzuki Jimny ke konsumen sudah menyentuh angka 200 unit dari berbagai diler di Tanah Air.

 Suzuki Jimny

Jatah distribusi produk Suzuki Jimny untuk Indonesia sendiri menyesuaikan kapasitas pabrik di Hosai, Jepang yakni 50 unit setiap bulannya. "Maka dari itu untuk beberapa diler dengan antrian inden panjang sudah tidak menerima pemesanan. Selanjutnya akan kami tinjau pada Mei 2020 mendatang," ujar Donny.

 Suzuki Jimny

Pihaknya tengah berusaha membagi jatah pasokan dari prinsipal di Jepang secara merata kepada diler di seluruh wilayah Indonesia. "Setidaknya ada keterwakilan konsumen Jimny di berbagai daerah tidak cuma kota-kota besar. Walaupun, setiap bulan ada tiga diler yang tidak kebagian jatah untuk distribusinya," kata Donny di BSD, Tangerang pada Senin (30/9/2019).

PT SIS sudah melakukan edukasi kepada konsumen melalui diler untuk tidak memaksakan pemesanan Suzuki Jimny dalam periode sekarang. Namun, sejumlah konsumen bersikeras untuk tetap melakukan pemesanan unit Suzuki Jimny. "Risikonya memang konsumen harus rela menunggu cukup lama," ujar Donny.

 Suzuki Jimny

Kebijakan pengaturan pemesanan Suzuki Jimny tersebut sudah resmi dikeluarkan per 1 September 2019. Walaupun, setelah imbauan penghentian sementara pemesanan tersebut belum cukup membendung minat konsumen Suzuki Jimny saat ini. Diler dengan daftar pemesanan panjang berasal dari sejumlah wilayah kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Suzuki turut menerapkan sistem prioritas dalam mendistribusikan Suzuki Jimny kepada konsumen, dengan mengutamakan rekam sejarah kepemilikan model buatan produsen berlogo S itu. "Begitu juga jangan sampai ada konsumen yang terpancing pada tawaran penjualan dengan iming-iming mendapat produk lebih cepat. Hal itu tidak berasal dari kebijakan resmi kami," ujar Donny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini