nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wacana Suzuki Jimny Buatan Lokal, PT SIS Sudah Dapat Lampu Hijau

Medikantyo, Jurnalis · Senin 30 September 2019 23:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 30 52 2111258 wacana-suzuki-jimny-buatan-lokal-pt-sis-sudah-dapat-lampu-hijau-hnb9QWksdT.jpg Model berpose di atas kap mesin Suzuki Jimny di kawasan BSD, Tangerang pada Senin (30/9/2019) (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Negosiasi antara PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan prinsipal di Jepang terkait produksi Suzuki Jimny mulai menemui titik terang. Indikasi tersebut diungkap selama pertemuan yang sudah terjadi, termasuk dengan adanya penghitungan volume produksi dalam fasilitas pabrik Suzuki di Indonesia.

Faktor lain yang membuka peluang produksi Suzuki Jimny adalah kebijakan pajak karbon emisi sebagai insentif bagi kendaraan jenis SUV 4x4. "Pengaruh penurunan pajak itu bisa menurunkan harga jual Suzuki Jimny di pasar lokal sehingga terjangkau di masyarakat," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di BSD, Tangerang pada Senin (30/9/2019).

 Suzuki Jimny

Ceruk pasar penjualan unit Suzuki Jimny buatan Indonesia sendiri nantinya tidak hanya menyasar konsumen asal Tanah Air, termasuk juga pasar di luar negeri. "Berdasarkan tren permintaan ekspor Suzuki Jimny sendiri, peluang menuju pasar tersebut tinggi. Bahkan, penghitungan biaya produksinya pun terbilang masuk akal," kata Donny menjelaskan.

PT SIS sendiri turut menyadari adanya persaingan perebutan kesempatan produksi model Suzuki Jimny dengan pihak Maruti Suzuki India. Namun, Donny menyebut produsen di Indonesia memiliki keunggulan secara non-tekniks. "Melihat nilai historisnya, Indonesia lebih dulu melakukan launching dan membuktikan peminatnya cukup tinggi," katanya kepada awak media.

Sejauh ini pemanfaatan atau utilisasi produksi dari fasilitas pabrik Suzuki di Cikarang masih berada jauh di bawah batas atasnya. Angka utilisasi dari pabrik Suzuki masih berada di angka 160.000-170.000 mobil per tahun dari capaian maksimalnya sebesar 230.000 unit per tahunnya. "Potensi produksi Suzuki Jimny sendiri nantinya bisa berada di angka 5.000 unit per tahun. Masih tergolong aman," ujar Donny.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, PT SIS kemungkinan besar hanya akan memproduksi Suzuki Jimny 4x4, tanpa menambah varian 4x2. Langkah tersebut mengacu pada peminatan konsumen kepada model Suzuki Jimny sebagai SUV kelas 4x4 dengan harga terjangkau. Meskipun, rentang harga Rp335,5 juta hingga Rp350 juta terbilang premium bagi Suzuki.

 Suzuki Jimny

Donny menyebut proses untuk memulai produksi Suzuki Jimny di Indonesia masih membutuhkan waktu cukup panjang. Terlepas, dari keputusan resmi maupun restu yang diberikan oleh prinsipal di Jepang. "Seandainya nanti palu sudah diketuk, masih ada dua tahun sebelum Suzuki Jimny mulai bisa dibuat," katanya kepada Okezone Otomotif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini