nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Instruktur Binaan AHM Wakili Indonesia dalam Kejuaraan Safety Riding di Jepang

Medikantyo, Jurnalis · Senin 30 September 2019 22:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 30 53 2111225 lima-instruktur-binaan-ahm-wakili-indonesia-dalam-kejuaraan-safety-riding-di-jepang-MIzxUrcHVp.jpg Persiapan matang dilakukan instruktur binaan AHM selama dua bulan terakhir (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Instruktur keselamatan berkendara (safety riding) Honda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) siap menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang The 20th Safety Japan Instructors Competition 2019. Gelaran tersebut berlangsung pada 3-4 Oktober 2019 nanti dengan mengambil tempat di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang.

Para peserta yang mewakili Indonesia ini, diambil dari tiga orang pemenang kompetiusi Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) serta dua instruktur asal AHM. Samsul Falah sebagai instruktur asal main dealer PT Wahana Makmur Sejati akan berkompetisi di kelas 125 cc dengan motor MSX125. Sedangkan I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi dari Astra Motor Denpasar serta Ibnu Fachrizal dari Astra Motor Samarinda siap turun di kelas 400cc dengan motor Honda CB400SF.

 AHM

Kelas lain yang diikuti oleh peserta asal Indonesia ini adalah 750 cc dengan perwakilan Hendrik Ferianto dan Deni Surahman sebagai instruktur Safety Riding AHM. Keduanya akan tampil menggunakan motor Honda NC750. Dari kelima peserta, Ibnu memiliki pengalaman positif dengan meraih juara dalam ajang Safety Japan Instructors Competition 2018 lalu di kelas sama yakni 400 cc.

Tahapan persiapan dari peserta berawal dengan persiapan selama sebulan di Bandung, dengan fokus pada kemampuan berkendara, mental, serta melatih fisik kebugaran. Pembekalan kemampuan para peserta berlanjut menuju Jepang, melalui fase latihan intensif di Traffic Education Rainbow Center (TERC) Hamanako dan Suzuka Circuit Traffic Education Center. Program persiapan di Jepang itu berlangsung pada 26 September 2019 sampai 1 Oktober 2019.

Pembekalan dari segi teknis maupun motivasi serta pengalaman mengampanyekan teknik berkendara aman dan nyaman di jalan raya, menjadi modal kuat bagi peserta asal Indonesia untuk menorehkan prestasi. "Persiapan matang selama dua bulan diharapkan membuat peserta asal Indonesia menggapai catatan baik. Kemudian, sekelmbalinya ke Indonesua diharapkan menjadi garda terdepan dalam edukasi keselamatan berkendara," ujar Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya.

Penilaian juri dalam ajang The 20th Safety Japan Instructors Competition 2019 meliputi penampilan peserta dalam ujian praktik dan ujian edukasi. Para peserta dituntut memiliki kemampuan mengajar dalam situasi kasus dari juri dalam ujian edukasi. Sedangkan, ketrampilan berkendara peserta akan dinilai dalam ujian praktek dalam sesi braking practice, slalom course, dan low speed balance.

 AHM

Ajang ini turut mengundang peserta dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, India, Taiwan, hingga Australia, dan Turki. Kesemuanya memiliki tugas menunjukkan kemampuan berkendara dengan aman untuk dapat memperoleh gelar berdasarkan kelas kapasitas mesin motor yang mereka ikuti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini