nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara Hemat BBM saat Terjebak Kemacetan Demonstrasi

Mufrod, Jurnalis · Senin 30 September 2019 18:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 30 87 2111160 3-cara-hemat-bbm-saat-terjebak-kemacetan-demonstrasi-EBceot3G9I.jpg Pengalihan arus lalu lintas (foto: Jasa Marga)

JAKARTA - Memprediksi terjadinya aksi massa demonstrasi yang berujung pada penutupan jalan oleh petugas keamanan, mungkin tidak bisa diprediksi banyak pengemudi. Terlebih jika kondisi bensin dalam keadaan menipis.

Untuk bisa menghemat bahan bakar ditengah kemacetan panjang akibat blokade jalan oleh demonstran, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengemudi untuk bisa menghemat bahan bakar kendaraan.

 Kemacetan demonstrasi

Menurut Head of Technical Service and CS Support Department PT MMKSI Boediarto mengungkap ada beberapa Cara yang harus dilakukan pengemudi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Berikut beberapa caranya

 Kamcetan

Jaga Putaran Mesin

Saat terjebak di kemacetan pengemudi harus memaksimalkan kinerja mesin dengan kecepatan konstan dengan cara tetap menjaga rasio putaran mesin di 2.000-3.000 rpm. Lakukan perpindahan Gigi jangan melebihi putaran mesin di 3.000 rpm, karena jika putaran mesin terlalu tinggi, Ecu akan memerintahkan suplai bahan bakar ke ruang bakar lebih banyak.

Akselerasi dan Rem Mendadak

Pada kondisi macet banyak pengemudi yang memaksakan akselerasi mesin maksimal saat stop and go, hal ini berdampak pada borosnya bbm. Lakukan tahapan untuk bisa mendapatkan kecepatan maksimum dengan cara menjaga rpm dan tetap menekan pedal gas perlahan.

 Kemacetan demonstrasi

Pengereman mendadak terkadang membuat pengemudi tidak siap menjaga kembali jarak ideal dengan kendaraan di depannya. Menekan pedal gas berlebih untuk kembali menjaga jarak dengan kendaraan di depannya sering dilakukan banyak pengemudi di jalan raya.

Lakukan pengereman dengan jarak ideal dan mengeremlah dengan halus agar bisa mendapatkan jarak yang ideal dengan kendaraan di depannya.

 Kemacetan demonstrasi

Karakter Mengemudi

Ditengah kemacetan yang sering membuat pengemudi lelah, tanpa disadari sering membuat Gaya mengemudi kian agresif, terlebih jika ada pengemudi yang tak patuh aturan. Karakter mengemudi agresif tersebut pada dasarnya bisa membuat salah satu faktor konsumsi bahan bakar boros, karena untuk mencapai putaran maksimum idealnya pengendara harus menekan pedal gas perlahan tidak dianjurkan menekan dalam pedal untuk cepat mendapatkan akselerasi maksimum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini