nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kencan Perdana dengan Suzuki Jimny di Medan Off Road

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 13:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 01 52 2111442 kencan-perdana-dengan-suzuki-jimny-di-medan-off-road-k2oMFAVHkJ.jpg Model Suzuki Jimny dipajang dalam gelaran test drive di sirkuit Pagedangan BSD (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

TANGERANG - Sejak kemunculannya secara resmi pada GIIAS 2019 lalu, peminat model Suzuki Jimny generasi terbaru sudah mengantri. Sayangnya, belum ada kesempatan secara terbuka untuk menjajal kemampuannya selama gelaran pameran otomotif tahunan tersebut.

Untuk kali pertama awak media bisa merasakan langsung performa optimal, dari model kendaraan yang sudah beredar sejak 1979 lalu itu. PT Suzuki Indomobil Sales pun menyediakan arena yang sesuai pada trek offroad Pagedangan, BSD, Tangerang pada Senin (30/9/2019) kemarin.

 Suzuki Jimny

Awak media turut mendapat pendampingan dari komunitas Suzuki Jimny Indonesia (SJI) dalam menjajal fitur serta kemampuan mobil SUV tersebut. "Kalau test drive dilakukan pada GIIAS lalu rasanya percuma. Permukaan jalan berupa beton tidak menantang," kata 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

Panitia menyediakan dua unit mobil Suzuki Jimny dalam acara test drive media Suzuki Jimny kali ini. Perbedaan keduanya terletak pada sistem transmisi yakni otomatis dan manual. Selebihnya, spesifikasi yang digunakan adalah standar pabrik termasuk mesin tipe K15B berkapasitas 1.5 L pada dapur pacunya

Terdapat tiga mode berkendara off road dalam mobil ini yakni 2H untuk jalan normal, 4H dalam pengendaraan offroad, serta 4L untuk permukaan jalan ekstrim seperti bebatuan kasar dan berlumpur. Pengaktifan mode 4L pada Suzuki Jimny harus dalam kondisi statis serta gigi transmisi netral.

Rasio gigi rendah pada transmisi 4x4 Suzuki Jimny memberinya kelebihan dalam melibas medan ekstrim. Seperti saat memacu kendaraan pada mode kendara 4L, tidak ada masalah berarti saat kendaraan tersebut menemui halangan berupa lubang cukup dalam serta permukaan jalan berbatu.

 Suzuki Jimny

Kelebihan lain yang terbilang menonjol dari Suzuki Jimny ini adalah radius putar kecil. Hal itu terlihat ketika pengendara tidak perlu melakukan manuver sulit ketika memasuki tikungan dengan sudut masuk sempit. Berbeda dengan kendaraan SUV berukuran lebih besar, yang harus menyesuaikan posisi untuk dapat melalui tikungan tajam.

Kehandalan kinerja Suzuki Jimny kembali terlihat saat menemui medan jalan menantang, model SUV legendaris tersebut sukses menaklukkan tanjakan curam. Salah satunya berkat kekuatan saat putaran mesin rendah dengan angka torsi mencapai 130 Nm, dengan spesifikasi standar bawaan pabrik.

Sedangkan keberadaan fitur Hill Descent Control saat diaktifkan melalui tombol pada dasbor, menjaga momentum pengereman mobil pada trek menurun. Fungsi ini dapat diaktifkan baik saat kendaraan bergerak maupun dalam kondisi diam. Namun, terdapat perbedaan aplikasi bagi mobil bertransmisi manual dan otomatis.

Saat menjajal fitur HDC di mobil manual, pengendara tidak perlu menekan pedal rem pada jalanan menurun. Sedangkan kita wajib menginjak pedal rem saat membawa unit bertransmisi otomatis. "Karena transmisi otomatis terus mendorong mobil untuk melaju saat menurun," ujar Yuri Kusweri, lead instructor dari SJI.

Suzuki Jimny

Untuk beberapa konsumen, unit bertransmisi otomatis empat percepatan akan terasa lebih nyaman dibandingkan versi transmisi manual enam percepatan. Pasalnya, pengendara tidak membagi konsentrasinya pada perpindahan gigi dan transmisi. "Hasilnya, pengendara lebih konsentrasi menghadapi rintangan di depannya," kata Yuri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini