Toyota GR Supra Bermasalah di Perangkat Sabuk Pengaman, 7 Unit Ditarik Perbaikan

Ardimo Harsa, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 01 52 2111476 toyota-gr-supra-bermasalah-di-perangkat-sabuk-pengaman-7-unit-ditarik-perbaikan-zgV2M7Vrui.jpg Toyota GR Supra (foto: Ist)

JAKARTA – Badan keselamatan mengemudi Amerika Serikat NHTSA mengeluarkan laporan yang berisi perintah recall (penarikan) terhadap 7 unit Toyota Supra dengan tahun model 2020 yang beredar di Amerika Serikat. Recall ini sendiri berkaitan dengan pemasangan besi penyambung sabuk pengaman yang diduga tak dilakukan secara benar seperti dilaporkan motor1.

Lewat laporan bernomor 19V653000 bertanggal 12 September, tercatat bahwa masalah ini pertama diketahui pada 26 Juni 2019, di mana setelah melakukan evaluasi produksi kemudian terungkap bahwa beberapa besi penyambung sabuk pengaman tidak memiliki titik pengelasan yang sesuai standar sehingga tidak terpasang dengan sempurna.

Toyota GR Supra

Semestinya, terdapat 13 titik pengelasan dalam besi penyambung. Namun, di kendaraan yang bermasalah, hanya terdapat 10 titik pengelasan. Hal ini berpotensi mengakibatkan sabuk pengaman terlepas ketika mobil mengalami tabrakan.

 Toyota GR Supra

Melalu pernyataan Toyota, disebutkan perintah recall sendiri tidak dilakukan oleh Toyota, melainkan BMW. Ini disebabkan Toyota Supra generasi terbaru diproduksi oleh BMW di pabrik Magna Steyr yang berlokasi di Graz, Austria. Seperti diketahui, Toyota Supra generasi terbaru ini berbagi platform dengan BMW Z4 berkode bodi G29.

Karena satu platform, maka kedua mobil ini pun memiliki banyak komponen serupa. Bahkan Supra terbaru turut mengusung mesin BMW yaitu mesin 3 liter 6 silinder segaris dengan turbo berkode B58B30 yang mampu menghasilkan tenaga 335 dk dan torsi 500 nm. Mesini ini sendiri juga digunakan di Z4 varian M40i. Perbedaan paling mencolok dari kedua mobil ini terdapat di desain eksterior.

 Toyota GR Supra

Laporan tersebut juga menyebut hanya 3 dari 7 kendaraan bermasalah yang telah terjual ke konsumen. BMW dan Toyota sendiri menjamin akan mengganti unit bermasalah dengan unit baru jika terbukti Supra milik konsumen mengalami masalah di bagian sabuk pengaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini