Mengenal Mobil yang Banyak Digunakan Anggota DPR RI

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 01 52 2111519 mengenal-mobil-yang-banyak-digunakan-anggota-dpr-ri-gJrHA6aW2Q.jpg Toyota Land Cruiser (foto: ist)

JAKARTA - Pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024 berlangsung pada Selasa (1/10/2019) ini. Berdasar catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari 574 anggota saat ini, terdapat model yang tampil menonjol dibandingkan varian lain.

Antara lain dua kendaraan mewah keluaran Toyota yakni model Land Cruiser dan Alphard. Kedua mobil tersebut kerap terlihat wara-wiri di kompleks gedung DPR/MPR RI di kawasan Senayan, menjadi kendaraan sehari-hari anggota parlemen saat berkegiatan.

 Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser

Biasanya alasan utama kepemilikan model Toyota Land Crusier berasal dari kebutuhan anggota DPR untuk mengunjungi medan jalan tidak rata di luar wilayah Jakarta. Terlebih dengan dukungan suspensi Double Wishbone dan 4 Link Coil Rigid dengan tinggi sekitar 1.970 mm.

Terdapat dua varian dari model Land Cruiser yang diedarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia. Tipe tertingginya merupakan 200 Full Spec Diesel. Mesin yang dipakai mobil SUV ini bertipe 1VD-FTV V8 DOHC dengan kapasitas 4.5 L Diesel. Rangkaian tersebut mampu mengeluarkan tenaga 231 Hp serta torsi optimal mencapai 617 Nm dengan transmisi otomatis Triptonic enam percepatan.

 Toyota Land Cruiser

Harga resmi dari Toyota Land Cruiser ini dibedakan dengan dua jenis spesifikasi resmi berdasarkan fitur. Versi 200 Standard Spec dibanderol dengan harga Rp2,05 miliar sedangkan varian tertinggi 200 Full Spec Diesel memiliki label harga Rp2,39 miliar.

Toyota Alphard

Model kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah Toyota Alphard pun menyajikan standar kenyamanan. Kesan ekslusif dari kendaraan ini menjadi daya tarik para anggota parlemen, termasuk adanya dua kursi penumpang di baris kedua dengan armrest dan reclining seat.

 Mobil MPV Premium Alphard

Versi terendah Toyota Alphard keluaran PT TAM di Tanah Air, menggunakan mesin berkapasitas 2.5 L bertipe Dual VVT-i I4 DOHC. Mesin tersebut berkekuatan hingga 177 Hp dan memiliki torsi puncak hingga menyentuh 235 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis berteknologi CVT tujuh percepatan.

 Toyota Alphard

Rentang harga untuk ketiga tipe model Toyota Alphard ini dibagi berdasarkan kapasitas mesin dan fitur bawaan. Banderol untuk tipe 2.5 X A/T mencapai Rp962 juta, 2.5 G A/T memiliki label harga Rp1,1 miliar, dan 3.5 Q A/T menyentuh angka Rp1,84 miliar untuk wilayah Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini