nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Mobil Listrik Pertama Bugatti yang Dikembangkan Pada 1924

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 52 2111917 mengenal-mobil-listrik-pertama-bugatti-yang-dikembangkan-pada-1924-Xzl0ETiUNy.jpg Mobil listrik pertama Bugatti (foto: ist)

PRANCIS - Produsen otomotif Bugatti secara resmi memperkenalkan sebuah mobil EV (electric vehicle) pertamanya yang semua komponennya ditenagai menggunakan listrik.

Namun yang mengejutkan, mobil tersebut bukanlah jenis hypercar yang mampu melesat hingga diatas 300 km/jam. Mobil besutan Bugatti ini justru memiliki ukuran yang kecil dengan mengusung desain mobil balap klasik.

 Mobil listrik

Seperti yang dilansir dari situs thedrive, Bugatti memperkenalkan sebuah mobil listrik yang merupakan replika dari mobil balap Grand Prix Type 35 atau disebut juga Baby II. Mobil listrik ini diciptakan untuk memperingati hari jadinya Bugatti yang ke-110.

Baby II sendiri merupakan salah satu mobil paling fenomenal yang pernah dibuat oleh Bugatti. Baby II mulai mengikuti ajang balap mobil dalam kejuaraan Grand Prix di Perancis pada tahun 1924.

 Mobil listrik

Mobil listrik Baby II ini menggunakan baterai lithium-ion 1,4 hingga 2,8 kWh yang dapat menempuh jarak hingga sejauh 30 km. Sementara penggerak motor listrik pada mobil ini terletak di bagian belakang.

Uniknya mobil ini menawarkan beberapa tingkatan output daya yang dihasilkan tergantung dari usia pengemudi.

Dalam "kids mode" yang dikhususkan untuk anak-anak, mobil Baby II ini hanya melaju dengan kecepatan 19 km saja dan menghasilkan tenaga sebesar 1,34 Hp. Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan sebuah remote control dengan jangkauan jarak mencapai 50 meter.

Dengan menggeser pedal ke depan, Baby II akan menawarkan "adult mode" atau mode untuk orang dewasa. Tenaga mobil ini juga meningkat dengan menghasilkan tenaga sebesar 5,4 Hp dan kecepatan maksimumnya mencapai 45 km/jam.

 mobil listrik

Dalam melakukan produksi mobil listrik Baby II Bugatti bekerja sama dengan perusahaan The Little Car yang berbasis di Inggris. Pihak Bugatti sendiri hanya memproduksi sebanyak 500 unit kendaraan Baby II di dunia.

Hebatnya, ke-500 unit mobil tersebut ludes hanya dalam waktu tiga minggu saja. Tentu mobil Bugatti listrik ini menjadi incaran banyak pecinta otomotif, khususnya mobil klasik.

Untuk harganya sendiri Bugatti Baby II yang ditenagai listrik dibanderol mencapai USD33.000 atau setara dengan Rp470 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini