nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zebra Cross Anti Tabrak Pengguna Jalan Bikin Kendaraan Auto Berhenti

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 18:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 52 2112094 zebra-cross-anti-tabrak-pengguna-jalan-bikin-kendaraan-auto-berhenti-BqL70HYOnr.jpg Zebra cross berteknologi canggih (foto: Ist)

JAKARTA - Teknologi zebra cross saat ini tak lagi menggunakan kesadaran pengendara untuk berhenti di jalur hitam dan merah yang lazim dikenal banyak pengguna kendaraan dan penyeberang. Dengan marka jalan tersebut masih saja banyak kejadian kendaraan yang menabrak penyeberang jalan.

Untuk itulah sebuah zebra cross kini dirancang agar kendaraan auto berhenti atau membuat pengguna kendaraan dijamin berhenti. Teknologi zebra cross ini dilengkapi dengan tiang-tiang yang akan muncul sesaat ketika penyeberang jalan melewati lampu sensor yang tertanam.

zebra cross

Teknologi zebra cross ini viral di media sosial dan menjadi perhatian banyak netizen. Kecanggihan zebra cross yang dilengkapi tiang ini dipercaya bisa menekan angka kecelakaan akibat pengendara menabrak orang yang tengah menyeberang.

zebra cross

Sayangnya belum diketahui pasti zebra cross berteknologi canggih yang bisa bikin kendaraan auto berhenti ini. Namun diperkirakan jalur penyeberangan tersebut berada di China.

zebra cross

Di Indonesia sendiri, jalur penyeberangan pejalan kaki, masih menggunakan marka jalan garis putih dan hitam serta fasilitas jembatan penyeberangan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini