nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitsubishi Wujudkan Pengembangan Pengisian Daya Mobil Listrik dengan Energi Panel Surya di Sumba

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 20:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 03 52 2112589 mitsubishi-wujudkan-pengembangan-pengisian-daya-mobil-listrik-dengan-energi-panel-surya-di-sumba-X5yneye5aK.jpg Mitsubishi dirikan pengisian tenaga listrik di Tambeloka (foto: Ist)

 

TAMBOLAKA - Pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber daya elektrifikasi kendaraan di Indonesia diawali dengan studi bersama lintas lembaga. Mitsubishi Motors Corporation berinisiatif menggandeng PT PLN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Kyudenko Co. dalam riset di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge, Sumba Barat Daya.

Riset ini berlangsung dengan sarana berupa satu unit mobil listrik Mitsubishi i-MiEV dengan perangkat pengisian daya cepat tipe chademo, yang terpasang pada kantor PLN Tambolaka. Melalui studi ini, Mitsubishi i-MiEV tersebut akan dijajal beroperasi dengan sepenuhnya menggunakan listrik hasil produksi panel surya PLTS Bilacenge, Sumba Barat Daya.

 Mitsubishi Tambeloka

Langkah peresmian riset ini merupakan indikasi keberlanjutan dukungan Mitsubishi Motors dengan lembaga terkait untuk melestarikan lingkungan, melalui pengenalan kendaraan listrik. "Ada keinginan dari kami untuk berkolaborasi serta sinergi positif dengan lebih banyak pihak di masa depan," kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura.

Sebelumnya pihak MMKSI sebagai distributor resmi Mitsubishi Motors di Indonesia, sudah menunjukkan inisiatif pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia. MMKSI menyerahkan delapan unit Mitsubishi Outlander PHEV, dua unit i-MiEV, dan empat unit alat pengisian daya cepat kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian, Februari 2018 lalu.

 Mitsubishi Tambeloka

Terlepas dari berbagai kendala penjualan kendaraan listrik di Indonesia. MMKSI akhirnya mengambil langkah untuk mengenalkan model Outlander PHEV secara luas di GIIAS 2019 lalu. Hal tersebut menjadikan model kendaraan listrik berteknologi Plug-in Hybrid pertama yang diperkenalkan dalam wilayah Asia Tenggara.

Peluncuran tersebut juga menandai dimulainya pemesanan serta penjualan Outlander PHEV kepada konsumen di Indonesia. "Pengadaan riset ini sekaligus menjadi wadah sosialisasi manfaat mobil listrik ke masyarakat. Mitsubishi siap menjadi bagian dari pengembangan energi baru serta top of mind jenama mobil listrik di Indonesia," kata Nakamura.

 Mitsubishi Tambeloka

PLTS Bilacenge di pulau Sumba memiliki kapasitas produksi 700 kWp dengan keunggulan teknologi Sistem Manajemen Energi (EMS) berkat kerja sama dengan perusahaan Kyudenko Co. asal Jepang. Sistem ini dapat membaca kebutuhan pengisian daya mobil listrik sesuai kebutuhan baik saat dimulai hingga mengakhiri transmisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini