nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Volkswagen Kembangkan Mobil Listrik Hasil Kolaborasi dengan Nike

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2019 11:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 06 52 2113454 volkswagen-kembangkan-mobil-listrik-hasil-kolaborasi-dengan-nike-KHbcdJY5Hc.jpg Tampilan eksterior model minibus listrik Volkswagen ID BUZZ Cargo ini berdasar mobil operasional Nike pada 1960an (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Terdapat keterkaitan antara dua jenama besar yakni produsen mobil Volkswagen (VW) dan merek pakaian Nike. Berawal dari penggunaan unit minibus VW Type 2 alias Kombi sebagai kendaraan operasional pada pertengahan 1960an, Nike dapat tumbuh sebagai perusahaan besar.

Bulan ini kerjasama kedua pihak berbuah edisi khusus kendaraan bertema nostalgia untuk mengingat sejarah tersebut. Namun, mobil yang dibangun oleh Volkswagen tidak berupa minibus tua berjenis Kombi maupun deretan varian Type 2 lainnya.

 Volkswagen

Model yang tampil mengusung tema merek awal Nike, Blue Ribbon Sport, tersebut adalah minibus listrik Volswagen I.D BUZZ Cargo. Tampilan luarnya dirancang persis menyerupai kendaraan promosi Nike di era 1960an lengkap dengan cat, stiker, serta ornamen spesifik sesuai mobil aslinya.

Kemunculan model I.D BUZZ Cargo terjadi tahun lalu dalam ajang pameran kendaraan komersial IAA di Hannoverm Jerman. Volkswagen saat itu resmi memajang I.D BUZZ Cargo sebagai varian komersial, sebagai anggota lini kendaraan perusahaan itu memasuki era elektrifikasi dan otonom.

Pembuatan ID BUZZ Cargo menggunakan platform keluarga Volkswagen ID bertajuk Modul Kendaraan Elektrifikasi (MEB). Tidak ada angka pasti dari kapasitas paket baterai yang digunakan. Namun, Volkswagen menunjukkan angka jelajah antara 330 hingga 500 Km dalam rilisnya tahun lalu.

Kendaraan ini menggunakan motor listrik berkekuatan hingga 150 kW atau sekitar 201 Hp yang tersalur melalui transmisi otomatis satu percepatan. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai mobil ini menyentuh 160 Kpj, yang dibatasi secara elektronik. Rencananya tahapan produksi mobil ini akan berlangsung pada 2021 dengan kemungkinan pemakaian teknologi otonom level 4.

 Volkswagen

Kendaraan komersial terelektrifikasi tersebut akan melakukan perjalanan tur berasama Nike ke sejumlah wilayah di Amerika Serikat, dari Santa Monica hingga Chicago. Mobil ini menjadi duta lini elektrifikasi VW sekaligus menjalankan misi historis dari Nike, dengan selingan kegiatan donasi sepatu dan pakaian.

Nike Volkswagen

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini