nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Volkswagen Siap Gebrak Pasar Indonesia, Target Lima Tahun Kedepan

Medikantyo, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 52 2113950 volkswagen-siap-gebrak-pasar-indonesia-target-lima-tahun-kedepan-gcElGgj9HP.jpg Model Volkswagen Tiguan Allspace menjadi andalan untuk ditawarkan bagi pasar Indonesia (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Kegiatan operasional Volkswagen di Indonesia memasuki era baru dengan peresmian penggunaan fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat. Pabrik perakitan tersebut beroperasi di bawah naungan pihak ketiga yakni PT National Assemblers, anak perusahaan Indomobil Group.

Langkah tersebut dilakukan pihak Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Volkswagen di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor, untuk dapat memasang lini produk lebih kompetitif di pasar Indonesia. Namun, keputusan tersebut bukannya tidak disertai dengan target besar.

 Volkswagen

Pihak prinsipal, Volkswagen AG, memberi ultimatum kepada PT Garuda Mataram Motor dalam upaya memperoleh perhatian konsumen otomotif di Indonesia. "Komitmen dari Volkswagen AG menyebut merek ini harus berkembang di Indonesia dalam kurun lima tahun ke depan," ujar COO PT Garuda Mataram Motor, Jonas Cendhana.

Perwaklian pihak prinsipal Volkswagen AG sendiri terlihat hadir dalam seremoni penyerahan unit Volkswagen Tiguan Allspace kepada konsumen beberapa waktu lalu. Unit bertipe Sport Utility Vehicle (SUV) berkapasitas tujuh penumpang itu menjadi produk yang dirakit di Cikampek dengan model Medium Knock Down (MKD).

 Volkswagen

Figur dari pihak prinsipal Volkswagen yang terlibat dalam acara tersebut pun tidak sembarangan. Mereka adalah anggota Dewan Pengawas Volkswagen AG, Stephan Weil dan Head Sales International Volkswagen AG, Thomas Zahn. Keduanya turut menyampaikan sambutan dalam acara yang sama.

Zahn menyebut pihaknya sebagai produsen siap merespons kebutuhan konsumen di Indonesia, terlebih dengan beroperasinya fasilitas perakitan terbaru. "Indonesia selalu menjadi pasar penting bagi Volkswagen di Asia Pasifik. Semoga produk Tiguan yang sudah terjual 800.000 unit di seluruh dunia juga bisa diterima konsumen Indonesia," ujarnya.

 Volkswagen

Keseriusan prinsipal Volkswagen AG di Jerman dalam mengembangkan pasar produknya di Indonesia turut dilakukan, dengan mengirim pengawas produksi untuk memastikan kualitasnya sesuai standar. "Kualitas perakitannya sama persis dengan mobil keluaran pabrik Jerman, meski tenaga operasionalnya 100 persen orang Indonesia," kata Jonas kepada Okezone Otomotif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini