nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Metisse Suzuki 500 Titan Produksi Era 70-an

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 20:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 53 2114017 mengenal-metisse-suzuki-500-titan-produksi-era-70-an-IdwGhSti7E.jpg Mettise Suzuki 500 Titan (foto: Ist)

LONDON - Mettisse Suzuki 500 Titan merupakan tunggangan buatan Jepang yang memiliki kombinasi mesin dengan output tinggi dengan bingkai dan suspensi dari Inggris yang direkayasa dengan indah yang mampu menghasilkan motor berpenanganan terbaik kala itu.

Derek dan Don Rickman adalah dua bersaudara yang membangun Rickman Motorcycles, Rickman sendiri merupakan konstuktor sasis sepeda motor independen asal Inggris. Rickman memproduksi kerangka sepeda motor tahun 1960. Dimana bingkai motor yang dikembangkan keduanya menjadi terkenal karena bobotnya yang sangat rendah serta kekakuan yang dimilikinya.

 Suzuki klasik

Bingkai yang diproduksi oleh Rickman ini dikombinasikan dengan rem dan suspensi yang telah dilakukan peningkatan, kemudian dilengkapi dengan kombinasi engine atau gearbox dari pabrikan besar di Inggris.

 Motor klasik Suzuki

Beberapa sepeda motor Rickman dilengkapi dengan mesin dari Triumph, Norton, BSA, Royal Enfield, dan yang lainnya, hal tersebut diketahui pada saat acara motorcross dan enduro di tahun 1960-an.

Sementara itu, pada tahun 1970-an , pabrikan besar Inggris menghadapi kebangkrutan dan angka penjualan yang rendah ini disebabkan oleh masuknya sepeda motor Jepang. Kemudian Rickman mencari cara dengan mengalihkan perhatian konsumen ke Rickmans bermesin Jepang, kedua saudara tersebut menciptakan beberapa sepeda motor dengan bodywork fiberglass yang indah dengan dilapisi nikel yang berkilau.

 suzuki klasik

Sementara itu, Suzuki 500 Titan sendiri merupakan kembaran paralel berpendingin udara dua tak yang mampu menghasilkan 47 Hp pada putaran 7.000 rpm. Mesinnya dilengkapi dengan unit konstruksi dan gerabox lima-kecepatan serta final drive chain. Rickman Metisse-Suzuki 500 Titan memerlukan beberapa komisioning ulang, tetapi begitu dipilah akan menjadi salah satu sepeda tercepat dikelasnya.

Motor ini dibanderol dengan harga antara USD6 ribu dan USD 10 ribu atau sekitar Rp 84-141 juta di pasar lelang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini