nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Esemka Ungkap Kesiapan Bikin Mobil Sport Rancangan Lokal

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 52 2114245 esemka-ungkap-kesiapan-bikin-mobil-sport-rancangan-lokal-MjP4TF4y5e.jpg Presiden Jokowi saat meninjau pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah yang siap merakit sedan sport lokal (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Rangkaian cibiran sempat mengiringi peluncuran produk rilisan PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka, yakni model pikap Bima. Kritikan tersebut muncul setelah munculnya dugaan kemiripan rancangan mobil komersial tersebut dengan produk serupa asal Tiongkok.

Secara perlahan, Esemka mencoba lepas dari bayang kritik tersebut dengan melontarkan sketsa rancang model kendaraan sport. Rencana itu muncul dalam unggahan akun media sosial Esemka beberapa hari lalu. Produsen kendaraan nasional tersebut mengaku menggandeng seorang desainer lokal.

 Esemka

Desainer yang dimaksud oleh pihak Esemka sendiri sudah merilis rancangannya pada Juni lalu. Menurut akun ganeshagegen, konsep kendaraan tersebut memiliki tajuk konsep FG-9 atau nantinya akan diwujudkan sebagai model Friska-G9 bermesin V6 dengan kapasitas 2.0 L.

Tidak menutup kemungkinan rancangan ini akan berkembang sebagai kendaraan terelektrifikasi berdasar pengakuan sang desainer. Pihak Esemka sendiri memiliki target untuk merilis produk tersebut dalam beberapa tahun ke depan. "Sebuah rencana besar untuk mengakselerasi pasar Esemka agar dapat bersaing dengan produk otomotif dunia," tulis Esemka dalam unggahannya.

 Esemka

Esemka sendiri dalam unggahannya turut membuka diri kepada perancang lokal untuk dapat berkolaborasi menghasilkan desain mobil produksi. "Anda juga bisa mengirimkan konsep baik itu komputerisasi atau handmade melalui direct message atau email tertera. Kontes ditutup 1 Januari 2020," kata pihak Esemka melalui unggahan yang sama.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini