nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Kendaraan Roda Satu Rancangan Insinyur Amerika yang Tenar Pada 1939

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 08 53 2114242 mengenal-kendaraan-roda-satu-rancangan-insinyur-amerika-yang-tenar-pada-1939-bfVwpBzHXg.jpg Kendaraan roda satu (Foto: Ist)

NEW YORK - Perkembangan kendaraan ternyata bukan dimulai dari roda dua maupun empat, seorang insinyur Amerika Charles F Taylor pernah mengembangkan kendaraan unik dengan roda satu.

Penemuan yang dilakukan oleh Taylor ini didasari oleh pemikiran awal bahwa kendaraan roda satu dapat mengatasi medan kasar yang jauh lebih baik ketimbang kendaraan konvensional yang memiliki lebih dari satu roda.

 kendaraan roda satu

Sejak tahun 1939, Taylor telah memiliki hobi mengembangkan beberapa prototipe, salah satunya kendaraan satu roda. Berawal dari hobi, usaha Taylor dalam mengembangkan kendaraan unik tersebut mencapai puncaknya, dimana ia mengajukan paten pertamanya pada tahun 1964 untuk prototipe kendaraan satu rodanya dan memfilmkannya ke sebuah rumah film "home movie".

 Kendaraan roda satu

Hal menarik dari penemuan yang dilakukan oleh Taylor adalah ia tidak menggunakan komputer onboard untuk mengelola stabilitas kendaraannya, namun jika dilihat melalui rekaman video rumahan kendaraan roda satu ini sebenarnya memiliki stabilitas yang cukup baik.

Taylor telah menghabiskan bertahun-tahun kehidupannya untuk pengerjaan kendaraan roda satu. Dimana, desain kendaraan unik buatan Taylor ini menempatkan roda tunggal besar yang dipasangkan di tengah bingkai persegi panjang yang menampung mesin, gyroscope, kursi pengemudi, kontrol, dan pendukung lainnya.

 kendaraan roda satu

Meski begitu, setiap kendaraan roda satu memiliki masalah stabilitas. Namun Taylor mengakalinya dengan memasang giroskop ke platform yang terhubung ke roda kemudi yang memungkinkan kendaraan berputar dan menjaganya tetap stabil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini