nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bentuk Kontribusi AHM dalam Perkembangan Pendidikan Vokasi di Tanah Air

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 22:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 08 53 2114512 bentuk-kontribusi-ahm-dalam-perkembangan-pendidikan-vokasi-di-tanah-air-GM9fjbiEZc.jpg Siswa dan Guru SMK binaan AHM bersaing dalam AHSC for Vocational School 2019 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Kontribusi bagi dunia pendidikan nasional menjadi salah satu cara PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan implementasi teknologi di Indonesia. Bahkan, tahun ini menandai penyelenggaraan kali ke-10 Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School sebagai wujud konsistensi atas partisipasi AHM tersebut.

Gelaran ini bertujuan mencari siswa serta tenaga pengajar terbaik asal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Astra Honda di Tanah Air. AHSC for Vocational School 2019 rencananya akan berlangsung pada 14-17 Oktober mendatang, dengan peserta sebanyak 40 siswa dan 27 guru terpilih.

 Honda Motor

Sebelumnya para peserta melalui tahapan seleksi sejak Januari hingga Agustus 2019 lalu, yang berlangsung dengan bantuan 27 jaringan dealer utama Honda di 34 provinsi. Fokus utama dari kegiatan seleksi ini adalah hasil penerapan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Tahap seleksi dari tingkat sekolah hingga dealer utama menilai kemampuan peserta lewat ujian tulis, praktek, serta troubleshooting. Terlebih, cara peserta dalam mengatasi permasalahan pada sepeda motir Honda. Sementara, para guru diuji pengetahuannya terkait modul lanjutan dari AHM kepada SMK dengan kurikulum TBSM.

Kegiatan seperti ini bermaksud menghasilkan SDM berkualitas baik dari para siswa maupun guru asal SMK binaan AHM. "Harapannya berbagai tahap seleksi dari tingkat sekolah, regional, dan nasional membuat generasi muda siap bersaing menghadapi perkembangan teknologi mesin sepeda motor di Indonesia," ujar General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin.

Keterlibatan dalam pengembangan mutu pendidikan vokasi industri di Indonesia juga terwujud dengan kesediaan portal pembelajaran daring dari AHM. Laman tersebut disesuaikan secara berkala dengan isu, produk, dan teknologi terkini dalam perkembangan industri sepeda motor nasional.

 Honda Motor

Sarana tersebut dapat menjembatani pengembangan pendidikan vokasi di 689 SMK mitra binaan AHM di seluruh Indonesia. Fasilitas lain yang ditunjang oleh AHM kepada pembelajaran siswa SMK binaan tersebut adalah dukungan teori, praktik, serta praktik kerja industri langsung di jaringan bengkel resmi Honda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini