nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Asal Inggris Siap Sediakan Teknologi Chip Kendaraan Otonom GM dan Toyota

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 09 52 2114873 produsen-asal-inggris-siap-sediakan-teknologi-chip-kendaraan-otonom-gm-dan-toyota-fmHardMIO5.jpg Toyota mempersiapkan mobil otonom dalam ajang Olimpiade 2020 nanti (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SAN JOSE – Perusahaan teknologi chip asal Inggris, Arm Holdings, menjadi penyedia potensial bagi teknologi kendaraan otonom di masa depan. Penilaian tersebut datang dari dua produsen yakni General Motors serta Toyota Motors Corp. 

Penggunaan teknologi chip sendiri masih akan berkembang, terutama dengan potensi pembangunan kendaran otonom di masa depan. Bahkan, penggunaan teknologi chip dalam kendaraan akan melebihi fungsi pengenalan fungsi serta pengatur kondisi mesin. 

Mobil Otonom

Pemasangan chip menyesuaikan kebutuhan piranti lunak lebih banyak untuk teknologi mobil otonom. Pengoperasian sistem Peraba Jarak berdasar Cahaya (LIDAR) yang menjadi kunci pergerakan mobil itu adalah contoh paling penting.  "Sejauh ini saya sudah mencoba empat jenis kendaraan otonom dengan potensi besar sebagai penempatan ujicoba purwarupa piranti lunak baru," kata Wakil Presiden Arm Holdings, Chet Babla.

Masih ada proses panjang penyediaan piranti lunak kendaraan otonom, jika melihat pada purwarupa yang sudah terbangun saat ini. "Ketika saya meminta untuk melihat elektronik yang memberi daya pada kendaraan ini, secara harifah bentuknya adalah server dalam bagasi,” ujar Chet menambahkan.

Sebagai salah satu pihak dengan potensi kontribusi di masa mendatang, Arm berniat mendorong terbangunnya Konsorsium Komputasi Kendaraan Otonom (AVCC). Kolaborasi tersebut akan mengajak pihak produsen mobil serta pemasok industri lain seperti Bosch, Denso, dan Continental AG.

AVCC akan menjadi grup independen menggunakan sumber dana dari iuran keanggotaan dari pihak produsen maupun pemasok yang terlibat. Selanjutnya, organisasi tersebut juga membuka diri untuk bekerja sama dengan pihak luar.

 Mobil Otonom

Tugas pertama yang akan dilakukan oleh AVCC adalah membangun arsitektur komputasi umum. Baik produsen dan perusahaan teknologi ini akan bekerja pada model kendaraan otonom. Nantinya, menyesuaikan dengan pertambahan kemampuan serta varian chip mobil otonom itu.

Inovasi teknologi untuk memberi daya kendaraan otonom diakui oleh pihak produsen membutuhkan kolaborasi riset jangka panjang. "Terlebih keperluan untuk memberi daya pada kendaraan otonom terletak d tingkat industri tersebut," kata Pimpinan Divisi Riset dan Pengembangan GM, Massimo Osella.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini