nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geliat Kendaraan Elektrifikasi, PLN Segera Bangun Infrastruktur Pengisian Daya

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 23:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 09 52 2114980 geliat-kendaraan-elektrifikasi-pln-segera-bangun-infrastruktur-pengisian-daya-USiryZg0K6.jpg Model Wuling E100 salah satu kendaraan listrik yang diperkenalkan di Indonesia (Foto:Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Ketersediaan fasilitas pengisian daya untuk mobil listrik, menjadi penunjang utama percepatan elektrifikasi kendaraan di Tanah Air. Hal tersebut rupanya sudah disiapkan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang akan meluncurkannya pada akhir bulan ini.

Fasilitas pengisian daya mobil listrik tersebut nantinya akan terpasang pada lokasi strategis, seperti pusat perbelanjaan di Jakarta. "Ada 22 charging station rinciannya tiga fast charging dan satu ultra fast charging sisanya normal," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad.

 Mobil Listrik

Pemasangan ini menjadi tahap awal pemenuhan target PLN menyediakan 160 stasiun pengisian daya mobil listrik, pada fasilitas publik. Total dana untuk membangun stasiun pengisian daya tahap pertama ini, mencapai Rp22 miliar.

Pelaksanaan pemasangan fasilitas pengisian daya ini belum akan melibatkan pihak swasta. Meskipun, PLN sudah berupaya melakukan dorongan kepada pelaku usaha lain terkait stasiun pengisian daya mobil listrik ini. "Kami belum minta mereka bangun sendiri. Mungkin, harus ada insentif dari pemerintah," kata Ikhsan menambahkan.

 Mobil Listrik

Stasiun pengisian daya baterai milik PLN ini, turut dirancang agar tersedia pada sejumlah jalur tol di sejumlah wilayah. "Makanya nanti kita kerja sama dengan Jasa Marga juga agar mereka bangun di rest area," ujar Ikhsan saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini