nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Riset UI Selesaikan Konversi Ayla Listrik dalam Dua Pekan

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 17:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 10 52 2115311 tim-riset-ui-selesaikan-konversi-ayla-listrik-dalam-dua-pekan-wu46Qz4tzY.jpg Tim riset UI sukses mengkonversi Daihatsu Ayla memakai rangkaian tenaga motor listrik (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Bermulanya era percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia, tidak hanya menjadi perhatian produsen otomotif ternama. Sejumlah lembaga penelitian di tingkat perguruan tinggi juga mulai menggerakkan riset dalam membangun bvarian kendaraan listrik.

Salah satu model kendaraan yang sempat menarik perhatian adalah modifikasi Daihatsu Ayla dengan menggunakan motor listrik, buatan Research Center for Advanced Vehicle (RCAVe) Universitas Indonesia. Kendaraan berkode MEV 02 tersebut menjadi bagian dari riset mobil listrik di UI sejak 2016 lalu.

 Mobil Listrik

Sejatinya terdapat empat jenis kendaraan hasil rancang lembaga RCAVe sejak memulai risetnya, yakni satu unit bus listrik, dua buah city car, dan sebuah MPV dengan kode MEV 03. "Kebetulan tim kami hanya dapat menyiapkan model Ayla untuk tampil di kawasan Senayan kemarin," ujar tim peneliti RCAVe, Dr Mohammad Adhitya saat dihubungi Okezone Otomotif.

Adhitya mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut menggunakan motor listrik bertenaga 7,5 kW dengan kapasitas baterai sekitar 102 Ah. Proses pengerjaan teknis konversi terbilang cepat dnegan memakan waktu dua pekan setelah seluruh komponen suku cadang terkumpul.

Kendala utama dalam melakukan konversi penggunaan motor listrik pada model mobil perkotaan kecil tersebut, adalah penyesuaian komponen pada rangkaian penggerak mobil tersebut. "Pembuatan adaptor agar motor listrik bisa terpasang pada gearbox berlangusng cukup lama. Selain itu, dibutuhkan kompartemen paket baterai agar tidak memakan ruang," kata Adhitya.

Meski sudah tampil dalam beberapa kesempatan di hadapan publik, tim peneliti RCAVe belum sepenuhnya fokus pada pembangunan mobil listrik kecil tersebut. Saat ini konsentrasi mereka tercurah pada pengembangan bus listrik berukuran besar, yang nantinya akan beroperasi di lingkungan Universitas Indonesia.

 Mobil Listrik

Penggarapan potensi kendaraan listrik berbasis model hatchback tersebut akan berlanjut setelah pihak RCAVe UI mendapat dukungan dari pihak luar. "Bulan depan pihak kami akan memulai melakukan riset konversi kendaraan listrik bersama salah satu mitra industri di Indonesia," ujar Adhitya kepada Okezone Otomotif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini