nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi Toyota Gencarkan Penjualan Mobil Listrik di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 00:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 52 2115476 strategi-toyota-gencarkan-penjualan-mobil-listrik-di-indonesia-GLoSaEWJP1.jpg Toyota C-HR Hybrid (foto: Ist)

BANYUWANGI - Trend kendaraan elektrifikasi yang tengah gencar diperkenalkan banyak produsen otomotif nasional, namun kondisi tersebut, dinilai belum selaras dengan pemahaman dan daya tarik konsumen untuk beralih ke mobil bertenaga listrik.

Salah satu permasalahan yang saat ini terjadi, menurut Meski Andri Widiyanto selaku Deputy Division Head Marketing Planning Division PT. Toyota Astra Motor (TAM), yakni persoalan harga mobil listrik yang masih mahal.

 Toyota Mobil listrik

"Kendala utama untuk memasarkan mobil listrik saat ini memang masih terkait harga yang masih cukup mahal," ungkap Andri, di sela pengujian mobil listrik di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (11/10/2019).

Meski demikian, dirinya mengungkap, akan ada masa dimana konsumen akan beralih ke mobil ramah lingkungan dan mulai meninggalkan kendaraan internal combustion engine (ice). Namun untuk menciptakan kondisi tersebut diperlukan gimmick kepada konsumen.

 Mobil listrik

"Salah satu strategi yang kita lakukan yakni memberikan gimmick, diantaranya sosialisasi dan pilihan produk yang terjangkau," katanya.

Banyak konsumen di Indonesia yang saat ini hanya mengetahui soal kendaraan hybrid maupun kendaraan full listrik, namun belum memahami secara jelas soal produk kendaraan listrik. Sehingga minat untuk memiliki masih terbilang cukup kecil.

Menurut Andri, salah satu pertanyaan besar yang selalu dikhawatirkan konsumen yakni terkait performa mobil listrik dan kesiapan infrastrukturnya. Menjawab hal tersebut, Toyota memulai dengan tahapan pengenalan kendaraan hybrid yang memadukan mesin konvensional dengan motor listrik.

 Mobil listrik

Terkait harga mobil listrik yang mahal, Toyota pun memberikan solusi terhadap kendaraan hybrid yang terjangkau. Dimana terdapat Toyota C-HR hybrid yang memiliki selisih harga hanya sekira Rp30 juta dari model C-HR mesin konvensional. Selain itu ada All-New Corolla Altis yang memiliki perbedaan harga Rp70 juta dan All-New Camry mencapai Rp160 juta, dengan model mesin konvensionalnya.

Dengan pilihan jajaran mobil hybrid tersebut, Toyota memberikan pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki mobil hybrid yang tetap memiliki fun to drive layaknya mobil konvensional pada umumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini