nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tepis Keraguan Performa Mobil Hybrid Toyota dengan Melibas Jalur Sejauh 380 Kilometer

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 03:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 52 2115488 tepis-keraguan-performa-mobil-hybrid-toyota-dengan-melibas-jalur-sejauh-380-kilometer-MdqEAnhMhN.jpg Toyota C-HR hybrid (foto: Ist)

BANYUWANGI - PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya banyak memiliki kekhawatiran konsumen terkait performa kendaraan elektrifikasi yang dipasarkannya. Untuk menjawab hal tersebut, sebanyak delapan unit kendaraan elektrifikasi di jajal langsung bersama junalis otomotif nasional dengan menempuh jarak 380 kilometer.

Perjalanan yang dimulai dari Banyuwangi menuju pulau Bali menghadirkan berbagai karakter jalan mulus, menanjak hingga trek berliku yang cukup ekstrim. Secara keseluruhan, berada di balik kemudi kendaraan hybrid khususnya Toyota C-HR, melibas kondisi jalan tersebut tak berbeda dengan versi konvensionalnya, namun performa jauh lebih baik dibanding versi mesin konvensional.

 Toyota C-HR Hybrid

Berbicara saat melakukan perjalanan, pengalaman melewati iringan tiga unit truk besar sempat membuat keraguan untuk melibas seluruh antrian truk yang tengah berjalan perlahan di kota Banyuwangi. Mengingat Toyota C-HR hybrid hanya memiliki mode D (Drive) dan tidak memiliki gigi rendah seperti transmisi matik pada umumnya.

Toyota C-HR

Namun keyakinan tersebut coba ditepis saat kondisi jalan kosong dan memiliki kesempatan untuk mendahului tiga unit truk yang tengah berjalan beriringan. Perlahan pedal gas di injak, dan C-HR berhasil melesat melewati tiga truk tanpa membutuhkan perpindahan gigi rendah.

Hal ini membuktikan akselerasi dan performa kendaraan Toyota C-HR hybrid cukup mumpuni. Mengingat diatas kertas, torsi kendaraan ini mencapai 207 Nm lebih besar dibanding model mesin konvensional yang hanya mencapai 178 Nm. Namun tenaga model hybrid terbilang lebih kecil yakni 100 Hp untuk mesin konvensional dan 36 hp untuk tenaga motor listriknya.

 Toyota C-HR

Bukan tanpa alasan tentunya bagi Toyota memperkecil tenaga mesin hybrid C-HR, jika membandingkan efisiensi penggunaan bahan bakarnya yang diklaim mampu menghemat sebesar 62 persen bahan bakar dibanding versi konvensionalnya.

Secara keseluruhan, berada di balik kemudi mobil hybrid, tak jauh berbeda dengan kendaraan konvensional pada umumnya, bahkan mobil hybrid mampu memberikan akselerasi terbaik dan efisiensi bahan bakar tinggi dibandingkan dengan model konvensionalnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini