nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kendaraan Otonom Toyota Dukung Olimpiade 2020, Sanggup Tampung 20 Penumpang

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 22:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 12 52 2116191 kendaraan-otonom-toyota-dukung-olimpiade-2020-sanggup-tampung-20-penumpang-heLypOdyDL.jpg Toyota dukung kegiatan Olimpiade 2020 dengan hadirkan mobil otonom (Foto: Okezone.com/Toyota)

TOKYO - Momentum gelaran Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang mendatang jadi unjuk kemampuan teknologi kendaraan otonom dari Toyota. Secara resmi, produsen tersebut mengumumkan berencana menyediakan kendaraan khusus dari rancangan konsep Toyota e-Palette Tokyo 2020 Version pada ajang tersebut.

Pengembangan kendaraan tersebut mengambil masukan dari para atlet yang membutuhkan mobilitas saat berkompetisi dalam pesta olahraga dunia itu. Langkah ini sekaligus menunjukkan transisi bertahap dari Toyota, dalam penyediaan teknologi berkendara kepada masyarakat luas di masa depan.

 Mobil Otonom

Kendaraan otonom Toyota e-Palette Tokyo 2020 ini akan menggunakan rangkaian penggerak dengan motor listrik serta sumber tenaga paket baterai. Kendaraan otonom ini dapat menempuh jarak jelajah hingga 150 Km dengan rata-rata kecepatan tertinggi mencapai 19 Kpj.

Secara dimensi rancangan kendaraan tersebut memiliki panjang 5,255 mm, lebar 2.065 mm. dan tinggi mencapai 2.760 mm. Nantinya, kendaraan ini dapat menampung hingga 20 penumpang termasuk tujuh penumpang berdiri, hingga empat penumpang dengan kebutuhan khusus dengan kursi roda. Selain itu, masih terdapat satu orang operator untuk mengantisipasi kegagalan sistem dalam operasional kendaraan.

Sistem kendaraan otonom secara konstan melihat situasi sekitar, termasuk potensi rintangan, dengan sudut pandang penuh 360 derajat. Hasil pengamatan tersebut, nantinya menjadi dasar operasional kendaraan dengan membatasi kecepatan dengan kondisi lingkungan sekitar dibandingkan jarak tempuh perjalanan ke tujuan. Operator akan mengambil alih, jika hasil pengamatan tersebut menimbulkan masalah pada sistem.

Bagian dalam kendaraan ini dirancang dengan konsep mobilitas untuk semua dari Toyota. Termasuk dengan pengunaan baris kursi serta penggunaan rel pegangan yang ramah bagi seluruh penumpang dengan berbagai tipe tinggi badan. Bahkan, komponen petunjuk dalam kabin menggunakan nuansa kontras bagi penumpang dengan keterbatasan seperti buta warna.

 Mobil Otonom

Pintu masuk kendaraan menggunakan teknologi pintu geser berukuran besar, dengan lantai kendaraan rendah, dan pelat landasan elektrik bagi penumpang berkebutuhan khusus dengan kursi roda. Menggunakan sumbu roda panjang, terdapat ruang kabin lega serta nyaman berbentuk dominan kotak jika dilihat dari luar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini