nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsep Kendaraan Off Road Otonom dari Audi, Pakai Drone Gantikan Lampu Utama

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 23:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 12 52 2116198 konsep-kendaraan-off-road-otonom-dari-audi-pakai-drone-gantikan-lampu-utama-YZ4BFAed1p.jpg Tampilan konsep mobil otonom di segmen off road dari Audi (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BERLIN - Konsep teknologi kendaraan otonom memnungkinkannya diterapkan pada banyak model. Tidak hanya mengacu pada bentuk kendaraan perkotaan, teknologi otonom bahkan bisa muncul sebagai mobil pelibas trek off-road seperti buatan Audi.

Kendaraan otonom dengan tajuk Audi AI:Trail tersebut meluncur dalam gelaran Frankfurt Motor Show 2019 lalu. Meski tidak memiliki reputasi dalam lini kendaraan off road, Audi mengeluarkan rancangan cukup ambisius pada konsep kendaraan otonomnya tersebut.

 Audi

Penggerak utama dari kendaraan ini adalah empat buah motor dengan tenaga potensial kumulatif sebesar 429 Hp. Sedangkan untuk torsi puncaknya dapat mencapai angka 1.000 Nm, tergolong mumpuni untuk melibas lintasan berbukit ataupun permukaan jalan berbukit.

Konsep ini nantinya menggunakan teknologi kendaraan otonom Level 3 hingga Level 4, dengan kemampuan pengenalan permukaan serta situasi jalan dalam menyesuaikan mode berkendara. Paket baterai yang menjadi sumber tenaga mobil ini, diklaim sanggup memberi jarak jelajah hingga 500 Km.

Fitur lain yang menyertai kendaraan konsep tersebut adalah pemakaian pintu jenis suicide doors, berkapasitas empat penumpang dengan dua baris kursi, dan desain kaca depan maupun samping yang besar. Bahkan terdapat teknologi futuristik dengan penggunaan teknologi drone sebagai pengganti lampu utama.

Operasional lima obyek terbang tersebut disebut sebagai Audi Light Pathfinders yang menjalankan elemen LED dalam memberi gambaran permukaan jalan di depan. Konsep ini menggantikan secara radikal pemakaian lampu utama berteknologi LED yang terpasang pada mobil.

 Audi

Sementara panel informasi pada bagian dalam mobil hanya tersedia berdasarkan aplikasi pada ponsel pengendara. Ketiadaaan panel maupun dasbor secara utuh, membuat mobil ini memiliki ruang penyimpanan maupun kapasitas besar di bagian depan kabin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini