nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Negara yang Pengemudinya Tidak Menyukai Transmisi Matik

Reven Rumenige, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 13:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 14 52 2116605 mengenal-negara-yang-pengemudinya-tidak-menyukai-transmisi-matik-ORNSd5oYIJ.jpg Transmisi manual mobil (foto: Ist)

JAKARTA - Ditengah banyaknya pengemudi yang menyukai penggunaan transmisi matik yang nyaman, seperti penduduk Amerika karena menurut mereka mobil dengan transmisi otomatis lebih menjanjikan. Hal ini dinyatakan oleh CarMax, bahwa 96 persen penduduk Amerika lebih menggemari mobil otomatis serta dalam situs Edmunds.com dinyatakan jumlah rata-rata penjualan mobil manual hanya dua persen dari semua kendaraan yang terjual.

Menurut penduduk Amerika mobil otomatis lebih menjanjikan dan mempermudah dalam melakukan aktivitas lainnya saat berkendara. Karena penduduk Amerika gemar melakukan aktivitas sekaligus, antara lainnya seperti "makan saat berkendara atau melakukan aktivitas lainnya di dalam mobil" tutur Lauren Fix, pelatih mobil. Melakukan kegiatan lain saat berkendara memang mudah dilakukan di mobil otomatis, tetapi hal tersebut tidak sarankan karena mengundang risiko berbahaya.

 Transmisi matik

Namun hal tesebut sangat bertolak belakang dengan penduduk di belahan Eropa. Penduduk Eropa lebih gemar mobil dengan transmisi manual. Mereka cenderung memilih mobil kelas atas. Itu sebabnya anda tidak bisa menemukan Porsche Cayenne manual di Amerika Serikat namun anda dapat menemukannya di Eropa.

 Transmisi matik

Berikut ini adalah alasan penduduk Eropa lebih gemar dengan mobil bertransmisi manual. Menurut FIX, di Eropa, penduduk yang berusia 15 atau 16 tahun sudah mempelajari mobil bertransmisi manual yang mana hal ini memaksa mereka untuk lebih meningkatkan fokus saat berkendra dan mengenal mobil mereka lebih seksama.

"Mereka bisa lebih fokus saat berkendara dan hal tersebut jarang saya temukan di Amerika Serikat" ucap Fix. "Saya sudah ke seluruh Eropa dan tidak melihat orang menelepon saat berkendara, itu bukanlah budaya mereka."

 Transmisi manual

Alasan tersebut bukan semata-mata penduduk Eropa tidak suka bersenang-senang di jalan. Bicara soal berkendara, Jerman salah satu negara yang tidak mempunyai batas kecepatan, di sana penduduk bebas berkendara bahkan hingga kecepatan 160 km/h. Dan salah satu alasan mobil transmisi manual lebih unggul di Eropa karena memerlukan bahan bakar yang sedikit.

 Transmisi manual

Memang di Amerika sudah jarang sekali penduduk yang menggunakan mobil manual, namun masih ada beberapa perusahaan mobil yang masih membuat mobil manual seperti Volkswagen, Mini, Miata, Porsche setelah beralih ke PDK, atau paddle-shift, kata Fix. “Anda menemukan mereka membuat kendaraan manual karena itu adalah kegembiraan dan sensasi untuk mendorong mereka” kata Fix.

Ini adalah sebuah pilihan bagi anda dalam memilih mobil, ingin mobil manual atau bertransmisi otomatis dan juga pastikan bahwa anda telah mengetahui apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan dalam sehari-hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini