nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Bikin Mobil Antijenuh, Pengemudi Bisa Ngobrol dengan Yui

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 23:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 52 2116825 toyota-bikin-mobil-antijenuh-pengemudi-bisa-ngobrol-dengan-yui-nMgu6ykIoZ.jpg Toyota LQ konsep (Foto: Ist)

TOYOTA - Pembuat mobil asal Jepang, Toyota telah melakukan pembaruan pada model pengembangan miliknya Concept-i 2007 yang kini berubah namanya menjadi Toyota LQ dengan mengusung teknologi futuristik pada model tersebut. Rencanaya, perusahaan ini akan melakukan debutnya pada akhir bulan ini dalam pameran Tokyo Motor Show 2019.

Toyota LQ akan menawarkan teknologi kecerdasaran buatan bernama ‘Yui’ yang berfungsi untuk menciptakan kesan nyaman dan menyenangkan dalam berkendaraan. Selain itu, teknologi ini memungkinkan pengemudi melakukan komunikasi dengan Yui melalui perintah suara.

 Mobil pintar

Pada bagian atap dan lantai mobil dirancang sebagai plaatform komunikasi intuitif yang befungsi untuk mengetahui kapan Yui melakukan tugasnya. Sementara itu, penumpang akan mengetahui Yui sedang melakukan sesuatu jika lampu bagian kaki menyala.

Warna yang berbeda pada lampu untuk model ini menjadi penanda bagi penumpang, apakah mode tersebut menunjukkan pengendara dalam keadaan otomatis atau manual. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem otonom level 4.

 Mobil pintar Toyota LQ

Tak hanya itu, Toyota menggaet Panasonic dalam pengembangannya untuk fitur parkir valet otomatis. Dimana fitur ini akan bertindak sebagai tukang parkir valet yang dapat memarkirkan dan mengembalikan mobil seperti semula kepada pemiliknya, tanpa harus direpotkan dalam mencari tempat parkir.

Fungsi lain yang dikembangkan oleh kedua perusahan ternama ini adalah Augmented Reality Head Up Display yang dapat membantu pengemudi dalam mengawasi jalan. Rencananya fungsi kewaspadaan dan relaksasi akan tersedia juga pada bagian kursi dari mobil masa depan ini.

Sementara bagian panel instrumen, Toyota menggunakan OLED yang pertama untuk merek Jepang. Untuk mengurai ozon menjadi oksigen pada kipas radiator, mobil ini menggunakan lapisan pemurnian udara yang dikembangkan bersama Aisin. Dimana ketika mobil ini dijalankan, LQ dapat mengurai 60% ozon yang terkandung dalam 1.000 L udara dalam kurun waktu satu jam.

 Mobil pintar Toyota LQ

Toyota LQ juga menggunakan Digital Micromirror Device pada lampu bagian depan mobil ini, teknologi yang dipasangkan ini berfungsi untuk mengaktifkan satu juta cermin dalam memproyeksikan gambar di jalan sehingga teknologi ini dapat memberikan informasi seperti apa permukaan jalan yang sedang dilalui kepada pengemudi atau orang yang berada di dalam mobil.

 Mobil pintar Toyota LQ

Terakhir, mobil dengan teknologi futuristik ini menggunakan tenaga listrik yang diperkirakan mampu mencapai daya jelajah 300 km. Model ini memiliki panjang 4.530 mm dengan lebar 1.840 mm dan tinggi 1.480 mm serta memiliki wheelbase 2.700mm.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini