nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seberapa Amankah Menggunakan Helm Full-Face?

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 11:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 53 2116557 seberapa-amankah-menggunakan-helm-full-face-wIU8stfUlT.jpg Helm full face (foto: Ist)

JAKARTA - Menggunakan helm adalah sebuah keutamaan yang wajib dilakukan setiap pengendara sepeda motor. Hal ini agar memberikan keselamatan saat berkendara dan terhindar dari resiko cedera yang parah jika terjadi kecelakaan.

Ada berbagai jenis helm sepeda motor yang terjual di pasaran, dari helm full-face untuk memberikan keselamatan ekstra hingga helm half-face yang sering dijumpai ketika di jalan raya.

 Helm full face

Namun apakah dengan penggunaan helm full-face dapat memberikan tingkat keselamatan yang lebih tinggi dan mengurangi resiko cedera yang lebih fatal?

Melansir dari situs rideapart, terdapat tiga poin penting mengenai penggunaan helm full-face yang lebih baik daripada helm half-face. Berikut tiga poin penting dari penggunaan helm full-face

1. Meminimalisir resiko cedera yang parah

Seorang pria asal Jerman bernama Dietmar Otte menghabiskan beberapa bulan dalam melakukan uji coba pada helm sepeda motor.

Hasilnya menunjukan bahwa sebagian besar pengendara mengalami cedera saat kecelakaan di bagian chin bar helm atau bagian dagu.

 Helm full face

Sebanyak 34,6 persen pengendara mengalami cedera di bagian tersebut dengan angka sebesar 19,4 persen mengenai sisi kanan helm dan 15,2 persen di sisi kiri helm.

Hal ini membuktikan bahwa jika menggunakan helm full-face dapat memberikan keselamatan yang lebih daripada menggunakan jenis half-face. Sebab helm half-face tidak memberikan perlindungan pada bagian dagu dan memiliki resiko cedera yang lebih besar.

2. Bentuk helm

Bentuk dan desain pada helm sepeda motor juga memberikan pengaruh besar dalam mengurangi resiko cedera yang fatal.

Pada helm full-face, sebagian besar memiliki desain yang aerodinamis serta memiliki perlindungan yang tinggi agar mengurangi resiko cedera yang lebih fatal. Serta berbagai macam pengujian juga dilakukan agar memastikan helm aman dan kuat jika terjadi kecelakaan.

 Helm full face

Helm half-face pun juga memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan helm full-face. Namun helm half-face memiliki resiko cedera yang lebih besar karena beberapa bagian kepala dan wajah tidak tertutup dengan aman.

3. Melindungi dari segala benda yang ada di depan

Selain memberikan perlindungan dan keselamatan ketika berkendara, helm full-face juga berfungsi dalam menghindari segala sesuatu yang dapat menghantam saat di jalan raya.

 Helm full face

Seperti contohnya debu atau pasir yang berterbangan, helm full-face dapat mencegah partikel tersebut masuk ke dalam helm dan mengenai mata pengendara sehingga tidak iritasi.

Serta ketika berkendara disaat hujan, helm full-face dapat mencegah air hujan masuk ke dalam helm dan mengenai langsung pada wajah pengendara.

Meskipun helm full-face memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi namun masih banyak pengendara yang tetap memilih helm half-face.

Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman pengendara mengenai tingkat keselamatan helm full-face yang lebih tinggi. Faktor lainnya karena beberapa helm full-face memiliki harga yang relatif lebih mahal ketimbang helm half-face.

Dengan merogoh kantong yang cukup dalam untuk membeli helm full-face bukan menjadi suatu masalah, hal ini demi memberikan rasa aman saat berkendara dan mengurangi resiko cedera yang fatal jika mengalami kecelakaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini