nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Ini Kembangkan Sepeda Motor Hybrida dengan Kapasitas Mesin Besar

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 16:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 53 2116706 pria-ini-kembangkan-sepeda-motor-hybrida-dengan-kapasitas-mesin-besar-rEvDKPdWzO.jpg Sepeda motor hybrid (foto: Ist)

SWEDIA - John Ellwood, pembuat mesin sepeda motor two-stroke-four stroke kembali mengembangkan proyeknya setelah hampir 10 tahun dibiarkan. Pada tahun 2011, diketahui John merancang sepeda balap dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Namun kali ini John kembali mengunggah sebuah pembaruan mengenai penemuannya tersebut pada lama Facebook Innovative, Banned, and Unique Racing & Trucks.

Dalam unggahan terbarunya, John mengungkapkan bahwa ia telah siap untuk kembali mulai mengembangkan mesin baker 1170cc supercharged satu silinder. John juga mencatat bahwa penemuannya ini akan menjadi sepeda dengan kecepatan tunggal tanpa ruang gearbox dan kopling yang diatur ke swingarm.

Motor bermesin hybrid

Yang menarik adalah John tidak hanya mendesain, melainkan ia juga melakukan rekayasa pada sepeda motor milikinya.

Meski begitu, John mendapati masalah terkait izin untuk menjalankan sepeda motornya. Namun nampaknya, mesin 1170cc ini telah menjadi proyek evolusi milik John. Ia pun yakin begitu proyek ini selesai ia dapat menjajal sepeda motor ini.

Motor hybrid

Sementara itu, di kesempatan yang sama dalam percakapan Facebook milik John ia berharap memiliki dana untuk dapat menjalankan sepeda barunya tersebut di Bonneville. John juga memiliki rencana untuk menjalankan sepeda motor perdananya di Flying Kilometer on Ice di Swedia pada Maret 2020 mendatang.

Sampai saat ini, belum dapat dipastikan seberapa besar daya dari mesin yang akan John kembangkan tersebut, namun mesin pertama miliki John dengan kapasitas 1300cc ini diperkirakan mampu menghasilkan sekitar 150 hp pada etanol dan 400 hp metanol.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini