nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Mobil Ramai Lakukan Aliansi, Honda Jadi yang Pertama

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 13:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 15 52 2117118 produsen-mobil-ramai-lakukan-aliansi-honda-jadi-yang-pertama-0154GEi66C.jpg Ilustrasi logo pabrikan Honda Motor Company (Foto: Okezone.com/Istimewa)

GUANGZHOU - Tren bergabungnya sejumlah produsen dalam aliansi platform produksi maupun riset teknologi belakangan, muncul sebagai upaya penghematan biaya pembangunan model kendaraan berbagai merek. Namun, langkah menjalin kerjasama maupun pendirian perusahaan patungan bisa juga diambil untuk membuka pasar.

Kebijakan tersebut diambil oleh Honda ketika menggandeng Guangzhou Automobile Group pada 1998 silam. Pembagian modal antara kedua pihak mencapai 50:50 dengan nama perusahaan Guangqi Honda Automobile Co Ltd, dengan mengusung kegiatan pabrik lebih ramah lingkungan di Tiongkok.

 Honda

Kegiatan produksi berawal pada 1999 dengan model tunggal yakni Honda Accord dengan basis versi untuk pasar Amerika Serikat. Kapasitas produksi pabrik ini berkembang hingga 2005 mampu menghasilkan 240.000 unit mobil termasuk Honda Odyssey dan Honda Fit.

Visi fasilitas produksi ramah lingkungan juga terwujud dengan pemenuhan standar emisi Euro 4 untuk setiap produk dari pabrik ini. "Penggunaan standar Euro 4 yang ketat pada mesin buatan kami sejalan dengan implementasi stategi ramah lingkungan dan konservasi energi," ujar Presiden Guangzhou Honda, Sho Minekawa, saat itu.

Keberhasilan pendekatan hijau pada pasar Tiongkok bahkan makin mendongkrak kesuksesan Guangqi Honda Automobile Co. Ltd tersebut. Memasuki periode September 2006, fasilitas perakitan kedua selesai dibangun hingga akhirnya mampu menampung kapasitas hinggga 360.000 unit per tahun.

Pembangunan fasilitas pabrik baru tersebut juga menekankan nilai konservasi lingkungan dan efisiensi operasional. "Langkah pertama dalam bekerja sama bagi setiap orang adalah kemampuan untuk menjaga apa yang berarti penting, termasuk bagi Honda," kata Minekawa menjelaskan.

 Honda

Varian yang diproduksi melalui pabrik itu semakin bertambah seperti Honda Crider, Honda City, Honda Vezel, dan Honda Avancier. Berdasarkan data terakhir pada 2011 lalu, pabrik Guangqi Honda mampu mencapai kapasitas produksi tahunan hingga 480.000 unit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini