nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorong Percepatan Mobil Listrik, BPPT & PLN Kebut Fasilitas SPKLU

Mufrod, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 16 52 2117767 dorong-percepatan-mobil-listrik-bppt-pln-kebut-fasilitas-spklu-L9YBvS4vtt.jpg Mobil listrik melakukan pengisian daya di fasilitas milik BPPT (foto: Ist)

JAKARTA - Percepatan program kendaraan bermotor listrik (KBL) yang tengah dijalankan pemerintah, membuat BPPT & PLN kebut fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai infrastruktur pendukung hadirnya mobil listrik.

"Kendaraan bermotor listrik merupakan salah satu tren transportasi terkini yang mengubah gaya hidup kita," ujar Hammam usai Penandatanganan MoU terkait kerjasama Percepatan Program KBL Berbasis Baterai, di Kantor BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

 Pengisian tenaga listrik

Kerjasama tersebut merupakan bagian dari Flagship Penyimpanan Energi dan Charging Station untuk 5 tahun ke depan, yakni periode 2020-2024.

Program ini pun diharapkan mampu memberikan dorongan agar pembangunan industri charging station dalam negeri bisa direalisasikan secara optimal

 stasiun pengisian mobil listrik

"Ini merupakan wujud kepercayaan terhadap inisiatif pengembangan KBL dan Infrastruktur KBL berupa charging station yang telah dilakukan oleh BPPT selama ini," tutur Hammam.

Terkait inisiatif yang mengacu pada infrastruktur KBL, sebelumnya BPPT telah berhasil meluncurkan dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) pada 2018 lalu.

 stasiun pengisian mobil listrik

EVCS itu meliputi fasilitas fast charging station 50 kW yang ditempatkan di kantor BPPT Jakarta Pusat, dan di Klaster Energi BPPT yang terletak di kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Dalam perkembangannya, penggunaan fasilitas EVCS itu cukup efektif karena banyak masyarakat yang mulai memanfaatkan fast charging station ini untuk kebutuhan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini