nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harley Davidson Hentikan Produksi Motor Listrik, Bukti Pengembangan Sulit

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 16 53 2117790 harley-davidson-hentikan-produksi-motor-listrik-bukti-pengembangan-sulit-ZDudmzwFGo.jpg Motor listrik Harley Davidson (foto: ist)

MILWAUKEE – Harley-Davidson mengumumkan akan menghentikan sementara produksi sepeda motor elektrik perdananya yaitu LiveWire, demikian dilaporkan Automotive News.

Dalam rilis persnya, Harley-Davidson mengungkapkan alasan di balik penghentian sementara produksi sepeda motor yang ditujukan untuk menarik minat pengendara usia muda tersebut. Harley menyebut terdapat masalah yang ditemukan pada LiveWire dalam proses inspeksi terakhir. Tidak disebutkan apa masalah yang ditemukan Harley.

 Pabrik Harley Davidson

Hal ini mengakibatkan produksi LiveWire akan dihentikan sementara waktu dan Harley-Davidson akan melakukan pengujian dan analisis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut.

CEO Harley-Davidson Matt Levatich menyebut bahwa LiveWire dibuat untuk menyasar pasar generasi muda agar tertarik dengan merek asal Milwaukee, Amerika Serikat tersebut. Walau mudah dioperasikan karena tidak memiliki gigi manual maupun kopling, banyak analis yang meragukan bahwa motor ini akan mampu menggaet pembeli.

 Produksi Motor Harley Davidson

Salah satu faktor utama dari keraguan analis tersebut adalah harga LiveWire yang ditengarai terlalu tinggi untuk generasi muda. Harley mematok harga 29,799 dolar Amerika (422,6 juta Rupiah) untuk motor bertenaga listrik ini. Padahal motor ini dibuat untuk menyiasati penjualan Harley-Davidson yang terus menurun di Amerika Serikat selama 10 kuartai terakhir.

Dalam laporan keuangan pada Juli lalu, Levatich menyatakan “Kami membuat keputusan untuk mengeluarkan sebuah produk halo untuk mendemonstrasikan apa yang mungkin kami lakukan dengan sepeda motor bertenaga listrik dan kami merasa sangat senang dapat mencapai tujuan tersebut.”

 Motor listrik

Pengiriman LiveWire awalnya dijadwalkan akan dimulai pada bulan Agustus lalu. Namun lewat acara internal bagi investor pada 24 September Harley mengumumkan akan mengundur jadwal pengiriman untuk memastikan kualitas motor benar-benar sempurna.

Untuk menghindari motor yang bermasalah jatuh ke tangan konsumen, Harley-Davidson juga menginstruksikan beberapa diler untuk menghentikan penjualan LiveWire lewat memo yang dikirim oleh COO Michelle Kumbier. Harley juga menyarankan untuk pemilik LiveWire agar mengisi daya sepeda motornya di diler dengan alat pengisi daya professional ketimbang menggunakan pengisi daya di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini