nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perawatan Teknologi Rem ABS untuk Motor Honda Tergolong Mudah

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 18 53 2118538 perawatan-teknologi-rem-abs-untuk-motor-honda-tergolong-mudah-S8wtosKidQ.jpg Honda ADV 150 jadi contoh motor dengan teknologi rem ABS (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Adanya fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada motor keluaran Honda menjadi bekal keamanan bagi pengendara. Utamanya, saat pengendara melakukan pengereman mendadak pada permukaan jalan licin atau bergelombang.

Keberadaan teknologi ABS tersebut mencegah motor beserta pengendaranya tergelincir dalam situasi pengereman mendadak di permukaan jalan tersebut. Secara pemeliharaan, teknologi ABS tidak memerlukan perhatian khusus selain servis rutin.

AHASS

Langkah pengecekan bisa dilakukan melalui bengkel resmi, pun tidak berbeda dengan perawatan komponen rem motor non-ABS. "Misalnya mengecek minyak rem setiap dua tahun, begitu juga setiap servis wajib melihat kondisi kampas remnya," ujar technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno.

Kerusakan maupun kendala pada motor ABS sebenarnya mudah terdeteksi, serta perbaikannya sudah terdapat dalam standar mekanik bengkel resmi. "Terdapat indikator di panel informasi motor Honda terkait sistem ABS, seberapa sering berkedip bisa ketemu penyebabnya," kata Endro menjelaskan.

Pengguna motor keluaran Honda seperti skuter matik (skutik) dengan ABS tidak perlu khawatir saat teknologi mendadak mengalami kerusakan. "Kalau indikatornya menyala tidak berarti motor langsung kehilangan rem atau blong. Komponen rem utamanya masih akan bekerja normal," ujar Endro.

Perbedaan nantinya baru akan dirasakan pengemudi dalam melakukan pengereman dalam permukaan jalan licin atau berpasir. Pemotor akan merasakan perbedaan cengkeraman ban dan kemungkinan untuk tergelincir juga membesar.

AHAS

Teknologi ABS sendiri menjadi opsi bagi beberapa motor keluaran Honda baik tipe motor gede hingga skutik. "ABS itu intinya kalau tidak bekerja motor masih dapat bekerja saat mengerem biasa," kata Endro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini