nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Masih Pakai Mobil Dinas Lama saat Pelantikan, Ini Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 12:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 19 52 2119019 presiden-jokowi-masih-pakai-mobil-dinas-lama-saat-pelantikan-ini-alasannya-CvAA4FbBed.jpg Mobil dengan pelat khusus Indonesia 1 ini akan menjemput Presiden Republik Indonesia usai pelantikan (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Persiapan telah berlangsung menjelang agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Minggu 20 Oktober 2019 besok. Termasuk mobil kepresidenan yang akan menjemput Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia usai pelantikan nanti.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri masih akan menggunakan mobil kepresidenan lama, yakni Mercedes Benz S600 Guard yang sudah digunakan pada periode sebelumnya. Hal ini dikarenakan pengiriman mobil tipe Mercedes Benz S600 Guard edisi terbaru belum tiba di Tanah Air.

 Mobil Kepresidenan

Konfirmasi datang dari Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, saat dikonfirmasi awak media Kamis 17 Oktober 2019 lalu. "Kalau Pak Wapres dan Presiden masih pakai mobil lama karena standardnya," ujarnya saat ditemui Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Perkiraan pengiriman mobil kepresidenan baru akan berlangsung setelah periode jabatan kedua Presiden Jokowi berlangsung. "Dari pemesanan hingga pengiriman mobil berkisar tujuh sampai sembilan bulan," ujar Deputy Director Sales Operation MBC Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto.

Berdasarkan pernyataan Kariyanto kepada Okezone Otomotif beberapa waktu lalau tersebut, maka mobil kepresidenan yang baru akan tiba di Indonesia secepatnya pada Maret mendatang. "Periode tersebut dihitung dari keluarnya pengumuman resmi (Agustus lalu)," ujarnya.

Pengumuman resmi pengadaan unit Mercedes Benz S600 Guard sebagai mobil kepresidenan dikeluarkan oleh Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg). Dalam rilis tertanggal 23 Agustus 2019 tersebut, alasan peremajaan dilakukan seiring usia penggunaan mobil yang sudah melampaui 10 tahun.

 Mobil Presiden

Mercedes-Benz Distribution Indonesia sendiri memastikan bahwa mobil kepresidenan yang akan dikirimkan merupakan keluaran terbaru. "Mobilnya keluaran 2019 bukan 2018," kata Keriyanto kepada Okezone Otomotif beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini