nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkuak, Mobil Menteri Toyota Crown Hybrid Masuk ke Indonesia Melalui Jalur Khusus

Medikantyo, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 21 52 2119785 terkuak-mobil-menteri-toyota-crown-hybrid-masuk-ke-indonesia-melalui-jalur-khusus-XvALgRm7J9.jpg Model Toyota Crown Hybrid belum tersedia secara umum untuk pasar Indonesia (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Kebijakan istimewa dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan menawarkan kendaraan berteknologi hybrid Toyota Crown HV 2.5 G-Executive sebagai mobil dinas Menteri Republik Indonesia. Produk tersebut diimpor langsung secara utuh (CBU) dari Jepang.

Mobil ini memang secara resmi tidak dirilis untuk pasar Indonesia secara umum. Bahkan, PT TAM menyebut tidak dapat memenuhi permintaan konsumen retail biasa. "Kalau ada yang menginginkannya kami harus mohon maaf karena impornya dilakukan dengan kebijakan khusus," ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

 Toyota

Spesifikasi model Toyota Crown Hybrid tersebut dianggap sesuai dan mendukung dijadikan kendaraan dinas kelas A1 berdasarkan sistem lelang umum sejak awal 2019 lalu. Varian itu akan menggantikan tugas edisi Toyota Crown pendahulunya yang sudah menjadi mobil Menteri sejak 2009 lalu.

Standar pelayanan maksimal mengiringi pembaruan unit kendaraan dinas Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri untuk periode 2019-2024 mendatang. Termasuk, jasa perawatan serta bantuan teknis untuk model Toyota Crown 2.5 HV G-Executive tersebut.

Pembelian kendaraan dinas senilai Rp147 miliar tersebut sudah melingkupi paket perawatan rutin gratwis selama lima tahun ke depan. "Memang peket tersebut sudah termasuk dalam syarat permintaan pengadaan kendaraan oleh Instansi Pemerintah," kata Anton.

Sebelumnya berdasarkan pernyataan Kementerian Sekretariat Negara, Pemerintah melakukan pengadaan sebanyak 101 unit kendaraan bagi 2019-2024, Pejabat Setingkat Menteri, Ketua/Wakil Ketua MPR, DPR, dan DPD, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden melalui Sistem Tender Umum.

Toyota 

Pengadaan mobil menteri ini bukan menjadi kali pertama bagi PT TAM, dengan mulai menyediakan kendaraan dinas berupa Toyota Camry kemudian berlanjut dengan model sedan Toyota Crown. Total anggaran yang disediakan pemerintah untuk menghadirkan 101 unit mobil tersebut mencapai Rp147 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini