nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Andalkan Mobil Buatan Jepang, Koleksi Kendaraan Wapres Maruf Amin Capai Rp1,6 Miliar

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 11:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 22 52 2120077 andalkan-mobil-buatan-jepang-koleksi-kendaraan-wapres-maruf-amin-capai-rp1-6-miliar-mt7JVH9Jjz.jpg Toyota Alphard milik Wakil Presiden Maruf Amin (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Tugas kenegaraan pertama bagi Wakil Presiden Ma'ruf Amin adalah melawat ke Jepang, menghadiri penobatan Kaisar Naruhito. Wakil Presiden sendiri memiliki kedekatan dengan Jepang sebagai pengguna dua jenis mobil mewah keluaran negara tersebut.

Wakil Presiden sendiri memang mendapatkan mobil dinas berupa Mercedes Benz S600 Pullman Guard, yang akan berganti dengan edisi terbaru tahun depan. Namun, Ma'ruf sendiri kerap terlihat menumpang MPV mewah Toyota Alphard dalam kegiatan kesehariannya.

Mobil Wakil Presiden

Kendaraan milik Wapres Ma'ruf Amin tersebut merupakan mobil dengan tahun pembuatan 2018 dengan tipe 2.5 G AT. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara pada Agustus 2018 lalu, mobil tersebut ditaksir dengan harga Rp 1,1 miliar.

Mobil pribadi Ma'ruf Amin itu memiliki kapasitas tujuh penumpang lima pintu, dengan komposisi dua tempat duduk Captain Seat pada baris kedua. Kenyamanan juga didukung desain interior dengan bahan kulit serta aliran pendingin udara merata dalam kabin penumpang.

Bekal rangkaian mesin bensin dengan kapasitas 2.5 L bertipe I4 DOHC VVT-i dalam mobil ini membuatnya mengeluarkan tenaga hingga 178 Hp dan torsi puncak mencapai 234 Nm. Saluran tenaga mesin dengan angka rasio kompresi 10,4 itu menggunakan transmisi otomatis berteknologi CVT.

Wapres Ma'ruf juga memiliki kendaraan lain berupa Sport Utility Vehicle (SUV) model Toyota Fortuner tipe 2.4 VRZ 4x2 AT produksi 2017. Berdasarkan data LHKPN yang sama, mobil SUV itu ditaksir dengan nilai sekitar Rp527.9 juta.

 toyota fortuner

Kendaraan tersebut memiliki mesin diesel CRDi berkapasitas 2.4 L DOHC. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 148 Hp dengan torsi mencapai 400 Nm. Keluaran tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis dengan enam percepatan dengan dukungan suspensi Double Wishbone di depan serta Multi Link untuk bagian belakang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini