nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Menteri Lagi, Ini Mobil Listrik Incaran Sri Mulyani

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 13:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 22 52 2120123 jadi-menteri-lagi-ini-mobil-listrik-incaran-sri-mulyani-KJzydlm3jT.jpg Model kendaraan listrik Toyota Prius menjadi incaran Sri Mulyani (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Mendatangi kawasan Istana Negara pada Selasa (22/10/2019) pagi, Sri Mulyani Indrawati menunjukkan indikasi kuat kembali menjabat posisi Menteri Keuangan Republik Indonesia. Mengemban jabatan dalam kabinet periode 2019-2024 berarti urung membuatnya pensiun.

Figur yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mengungkap keinginannya ketika memasuki masa pensiun beberapa waktu lalu. Termasuk menyimpan cita-cita untuk mengendarai sebuah mobil listrik yang ditampilkan pada ajang GIIAS 2019 lalu.

GIIAS 2019

Model kendaraan listrik tersebut adalah Toyota Prius PHEV yang menurut Sri memiliki desain menarik. "Selain ramah lingkungan model-modelnya juga bagus. Nanti pensiun saya mau beli," ujarnya kepada awak media, Juli 2019 lalu.

Generasi terbaru dari Toyota Prius Hybrid sendiri diperkenalkan pada 2017 lalu. Kendaraan ini menggunakan rangkaian mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.8 L serta motor listrik tipe 1NM. Kombinasi kekuatan keduanya mencapai 167 Hp dengan torsi menyentuh angka 305 Nm.

Kapasitas paket baterai Lithium-ion pada mobil ini mencapai 25 Ah dengan kekuatan 8.8 kWh. Jarak jelajah realistis dari kendaraan ini dalam mode kendaraan listrik penuh mencapai 68,2 Km sedangkan saat memakai mesin bensin konsumsi bahan bakarnya menyentuh 37,2 Km per liter.

Kehadiran mobil listrik andalan Toyota itu pada GIIAS 2019 lalu hanya sebagai kendaraan tampilan (display) bukan untuk dijual. PT Toyota Astra Motor belum terlihat akan meluncurkannya secara luas dalam waktu dekat.

 Toyota

Sri Mulyani sendiri terlihat familiar dengan model kendaraan berkapasitas lima penumpang tersebut. "Dulu waktu enam tahun di Amerika saya pakai Prius Hybrid," katanya saat menjajal kabin kendaraan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini