nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Santri Jember Berhasil Kembangkan Mobil Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 15:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 22 52 2120220 santri-jember-berhasil-kembangkan-mobil-listrik-K0vSXgKb3q.jpg Hanif Dhakiri saat menjajal mobil listrik santri Nuris saat berkunjung sebagai Menaker pada 2017 lalu (Foto: Okezone.com/Twitter: Kemenaker RI)

JAKARTA - Kemampuan santri dalam mengembangkan teknologi kendaraan ramah lingkungan ditunjukkan siswa Sekolah Menengah Kejuran (SMK) Podok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember, Jawa Timur. Kendaraan yang dikembangkan menggunakan rangkaian tenaga listrik dan tenaga surya.

Kendaraan listrik yang diberi julukan Moris (Mobil Nuris) tersebut sering tampil saat sejumlah tamu kehormatan datang berkunjung. Termasuk ketika KH Ma'ruf Amin yang masih berstatus sebagai Calon Wakil Presiden datang berkunjung pada September 2018 lalu.

Mobil Listrik

Proyek pembuatan kendaraan listrik serta bertenaga surya tersebut digarap oleh empat siswa dengan satu guru pembimbing pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Nuris. Perakitan kendaraan tersebut dilakukan seusai para sis.wa selesai dengan kegiatan belajar mengajar.

Uniknya kendaraan garapan para santri ini memiliki performa yang cukup meyakinkan. Kecepatan kendaraan terbaru yang menggunakan sumber tenaga surya dapat mencapai kecepatan sekitar 60 Kpj. Kapasitas daya baterai kendaraan ini dapat terisi penuh dengan pengisian ulang dengan sinar matahari dalam waktu 4-5 jam.

 Mobil Listrik

Motor penggerak yang digunakan merupakan jenis BLDC dengan controller berdaya 2.000 watt buatan Amerika Serikat. "Kami ingin berbeda dengan lembaga pendidikan lain dengan mendidik siswa berkemampuan high-tech dan aplicable," ujar pengasuh Ponpes Nuris, Robith Qosidi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini