nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Santri Pernah Disebut Wapres Maruf Amin Bisa Jadi Mobnas

Mufrod, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 22 52 2120223 mobil-listrik-santri-pernah-disebut-wapres-maruf-amin-bisa-jadi-mobnas-VX8lS31bE3.jpg Mobil listrik Santri (foto: Ist)

JAKARTA - Pengembangan mobil listrik tak hanya dilakukan oleh universitas umum saja, ternyata Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember, Jawa Timur juga mampu mengembangkan mobil listrik yang dilakukan oleh para santrinya.

Meski peluncurannya telah dilakukan tahun lalu, dihadapan Maruf Amin yang kini resmi menjadi Wakil Presiden RI, dengan yakin, Wapres Maruf Amin sempat menyebut mobil listrik santri tersebut bisa menjadi mobil nasional.

 Mobil Listrik Santri

“Alhamdulillah ternyata Nuris sudah bisa bikin mobil walaupun mobilnya mobil listrik yang masih sederhana. Tapi insyaallah nanti akan menjadi mobnas, mobil nasional yang tidak hanya dijual di dalam negeri tapi juga akan kita jual ke luar negeri,” katanya kepada wartawan.

kendaraan garapan para santri ini memiliki performa yang cukup meyakinkan. Kecepatan kendaraan terbaru yang menggunakan sumber tenaga surya dapat mencapai kecepatan sekitar 60 Kpj.

 Mobil Listrik Santri

Kapasitas daya baterai kendaraan ini dapat terisi penuh dengan pengisian ulang dengan sinar matahari dalam waktu 4-5 jam.

Motor penggerak yang digunakan merupakan jenis BLDC dengan controller berdaya 2.000 watt buatan Amerika Serikat. "Kami ingin berbeda dengan lembaga pendidikan lain dengan mendidik siswa berkemampuan high-tech dan aplicable," ujar pengasuh Ponpes Nuris, Robith Qosidi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini