nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suhu Udara Jakarta Capai 37 Derajat, Perhatikan Temperatur Mobil saat Mengemudi

Mufrod, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 16:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 22 87 2120271 suhu-udara-jakarta-capai-37-derajat-perhatikan-temperatur-mobil-saat-mengemudi-MP1CAyJvHK.jpg Kemacetan di Jakarta (foto: Ist)

JAKARTA - Cuaca yang cukup panas belakangan ini terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta. Berdasarkan termo meter, suhu udara telah mencapai 37 derajat dari suhu normal di Jakarta yang biasanya mencapai 30 derajat.

Mengemudi di suhu panas terik tersebut, menurut Didi Ahadi Diler Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), pengemudi harus memperhatikan benar indikator temperatur pada mobil. Hal tersebut untuk menjaga agar mesin tidak terlalui over heat.

 Kemacetan Jakarta

Pada beberapa mobil ada yang hanya memiliki indikator temperatur, dimana saat suhu ruang mesin naik, indikator pada takometer akan menyala merah namun sifatnya hanya sebagai peringatan saja.

"Pada indikator temperatur digital, jika mesin overheat akan menyala indikator yang sifatnya hanya memperingatkan pengemudi," kata Didi saat dihubungi Okezone, Selasa (22/10/2019).

 Kemacetan ibu kota

Namun menurut Didi, pada beberapa model mobil saat ini, jika sektor mesin mengalami overheat tidak akan merusak mesin. Karena sebelum mesin over heat tinggi, sensor akan mengirimkan sinyal ke ECU dan perangkat tersebut akan otomatis menghentikan kinerja mesin.

Dengan teknologi tersebut, memungkinkan tidak terjadinya kerusakan para di sektor mesin. Mengingat jika terjadi over heat, bisa berdampak silinder head. "Dalam kondisi over heat silinder head bisa bengkok akibat dari kinerja keras mesin dengan suhu tinggi," ungkapnya.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini