nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nissan Siapkan Pembaruan Elektrifikasi Pada Jajaran Mobil Sportnya

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 10:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 25 52 2121547 nissan-siapkan-pembaruan-elektrifikasi-pada-jajaran-mobil-sportnya-kxXSnKBGZ2.jpg Gubahan bergaya sport dari mobil listrik Nissan Leaf (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Opsi menempatkan teknologi elektrifikasi untuk model mobil sport keluaran Nissan terbuka. Terlebih dengan adanya wacana pembaruan untuk model Nissan GT-R dan Nissan 370 Z yang sudah mencapai usia edar selama satu dekade terakhir.

Hal yang mencegah konsep tersebut untuk terwujud secara nyata adalah kesiapan pasar untuk menerima produk elektrifikasi penuh. Walaupun baik model Nissan GT-R dan Nissan 370Z mampu menarik perhatian dengan performa mereka menggunakan mesin pembakaran internal biasa (ICE).

 Nissan

Dalam ajang Tokyo Motor Show 2019, Nissan sudah unjuk kekuatan memasang kendaraan Formula E serta unit LEAF Nismo RC pada anjungannya. Model terakhir merupakan sebuah coupe dengan peningkatan performa menggunakan motor listrik ganda dengan basis produksi kendaraan listrik Nissan LEAF.

Nissan sendiri sedang mengalami perdebatan internal seiring adanya opsi teknologi hybrid maupun tenaga listrik penuh sebagai rangkaian daya pada kedua model tersebut. "Pasalnya tidak ada kepastian teknologi mana yang dapat mengantarkan performa maksimal," ujar Global Product Planning Nissan, Ivan Espinosa.

 Nissan GTR

Baginya setiap penempatan teknologi seperti elektrifikasi masih memiliki dampak fisik bagi sebuah kendaraan, termasuk adanya paket baterai. "Jenis mobil sport tidak hanya dipengaruhi pada kekuatan mesin, tapi berhubungan dengan keseimbangan beban dalam kendaraan," ujar Espinosa seperti dikutip laman Motoring.

Kendaraan ini menggunakan platform produksi MQB terbaru dengan pengurangan berat hingga 50 kilogram serta karakter sasis yang lebih kaku. Pembaruan juga terletak pada dapur pacu yang kini sepenuhnya menggunakan rangkaian mesin hybrid terbaru VW berkapasitas 1.4 L TSI. Bahkan tersedia lima pilihan dari eTSI Mild Hybrid hingga varian sport GTE e-Hybrid.

Varian terendah dari spesifikasi mesin dengan rangkaian motor listrik 48 V itu, eTSI, mampu mengeluarkan tenaga sekitar 148 Hp. Sedangkan untuk kekuatan mesin dari varian GTE mencapai sekitar 241 Hp. Pilihan rangkaian mesin tersebut menggunakan transmisi manual direct-shift gearbox (DSG) tujuh percepatan maupun otomatis.

 Nissan

Terlepas dari detail teknis lain yang belum diumumkan, VW menyatakan model Golf terbaru ini dilengkapi dengan fitur Travel Assist. Sistem ini memberi pengendara kombinasi fitur adaptive cruise control dan lane assist, yang dapat aktif dalam kecepatan berkendara hingga 210 Kpj.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini