Komunitas Custom Angkat Bicara soal Wakil Menteri Muda

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 25 53 2121929 komunitas-custom-angkat-bicara-soal-wakil-menteri-muda-yIl6sTGqr2.jpg Presiden Jokowi berpose dengan Chopper hasil karya Elders Garage bersama KickAss Choppers (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Sejak Rabu 23 Oktober 2019 lalu, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) resmi melebur dengan Kementerian Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta berpamitan dari media sosial. Lembaga yang sempat dipimpin oleh Triawan Munaf tersebut rupanya memiliki dampak besar bagi komunitas kustom.

Dukungan besar yang muncul selama Bekraf berdiri meninggalkan kesan mendalam bagi Pemilik Elders Company & Garage, Heret Frashtio. Termasuk, ketika kolaborasinya bersama builder Kick Ass Choppers, Veroland, menghasilkan motor Chopper modifikasi Royal Enfield 350 seharga Rp140 juta.

 Chopper Jokowi

Mulai terbangunnya kesadaran terhadap budaya kustom di Indonesia menurut Heret tidak lepas dari peran dan dukungan Bekraf. "Apa yang dilakukan Bekraf dengan men-trigger ranah kustom sendiri sudah lebih dari cukup. Bersyukur juga kalau sampai diapresiasi oleh Presiden," ujarnya.

Herets mengutarakan optimisme pada perkembangan kultur kustom roda dua selepas meleburnya Bekraf seiring terpilihnya Menteri Wishnutama dan Wakil Menteri Angela Tanoesodibjo. "Ada harapan kepada pemerintah untuk memberi dukungan lebih. Namun, komunitas tetap berkarya maksimal supaya pemerintah dapat melihat hasil dari karya ranah kustom," katanya.

 Angela Tanoesodibjo

Terpilihnya nama Menteri dan Wakil Menteri yang berusia muda dianggap oleh Heret menjadi angin segar pada industri kreatif Indonesia, termasuk perkembangan budaya kustom kendaraan roda dua. "Mereka memiliki pengertian untuk dapat mengarahkan kreativitas anak muda serta sudut pandang global ke depan," ujarnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini