Bukan Tayang di Bioskop, Honda Bikin Film Keselamatan Berkendara

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 26 Oktober 2019 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 26 53 2122015 bukan-tayang-di-bioskop-honda-bikin-film-keselamatan-berkendara-YQRVKkq9qv.JPG Honda selenggarakan sayembara film pendek keselamatan berkendara (foto: Ist)

SURAKARTA - Langkah PT Astra Honda Motor melalui Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengkampanyekan keselamatan berkendara terus dilakukan dengan berbagai cara, setelah sukses dengan buku Fiqih Lalu Lintas, Honda kini akan membuat film terkait keselamatan berkendara di jalan raya.

Dalam pembuatan film ini, Honda akan melibatkan 250 generasi muda dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Seluruh peserta akan bersaing dalam kompetisi pembuatan film pendek keselamatan berkendara dengan durasi 3-5 menit.

 Simulator sepeda motor

Tahun ini, YAHM mengangkat tema besar berdasarkan kearifan lokan Alon-Alon Waton Move On atau yang bisa diartikan biar pelan asal selamat atau selalu waspada dalam berkendara. Salah satu syarat lain, seluruh peserta tetap mempertahankan kearifan lokal pada setiap film pendek yang dibuat.

 Simulator sepeda motor

Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda berperan besar dalam menyebarkan pesan positif. Kegiatan Short Movie Contest Keselamatan berkendara ini dipercaya mampu berdampak besar karena disampaikan dengan bahasa, cara berpikir dan metode video kekinian yang menjadi ciri khas generasi muda.

"Kami percaya bahwa kearifan lokal selalu mempunyai nilai menarik untuk diteladani. Oleh karena itu, kami mengangkat tema Alon Alon Waton Move on untuk menggali kearifan lokal dari berbagai daerah dan menggunakannya dalam menyebarkan virus keselamatan berkendara," ujar Muhibbuddin.

 Safety Riding

Dalam kesempatan tersebut, Honda tak sekedar mengejar kemampuan para peserta membuat film pendek tanpa mengetahui kemampuan dan kesadaran peserta berkendara aman. Karenanya seluruh peserta turut diberikan untuk praktek langsung dengan riding gear yang lengkap untuk mengendarai sepeda motor yang baik dan benar.

Peserta juga bisa mencoba alat simulasi berteknologi canggih Honda Riding Trainer (HRT) untuk merasakan sensasi berkendara dengan berbagai jenis kendaraan dan kondisi jalan. Peserta mendapatkan penjelasan secara komprehensif mengenai bagaimana berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini