nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angkat Bicara soal Kendaraan Listrik, Anies: Regulasi Harus Segera Dituntaskan

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 18:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 27 52 2122378 angkat-bicara-soal-kendaraan-listrik-anies-regulasi-harus-segera-dituntaskan-NuVy1kqqVm.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jelang dimulainya konvoi kendaraan listrik di Jakarta pada Minggu 27 Oktober 2019 (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali menegaskan dukungannya kepada penggunaan kendaraan listrik secara luas. Anies menilai kendaraan listrik menjdi salah satu solusi pengurangan polusi udara di langit Ibu Kota sekaligus pilihan transportasi baik untuk warganya.

Optimisme dari Anies terucap jelang dimulainya konvoi kendaraan listrik dalam acara Karnaval Langit Biru di Senayan, Jakarta pada Minggu (27/10/2019). “Ada banyak tantangan menyangkut kualitas udara dan salah satu solusinya adalah mendorong lebih banyak penggunaan kendaraan yang tidak mengeluarkan polusi,” ujar Anies.

 Motor Listrik

Sebelumnya pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah menyiapkan dukungan bagi pengguna sepeda dengan membangun jalur khusus. Kini, dengan mendapat dukungan PT PLN (Persero), Pemprov DKI terus membangun kesadaran akan pemakaian kendaraan listrik. “Kendaraan yang tidak mengeluarkan emisi ada dua, selain sepeda kemudian motor atau kendaraan listrik keduanya bebas emisi,” kata Anies.

Kegiatan seperti konvoi menggunakan kendaraan listrik, yang juga diikuti peserta umum serta komunitas, juga mengirimkan pesan terkait regulasi elektrifikasi kendaraan. “Harapannya regulasi pemerintah terkait kendaraan berbasis tenaga listrik bisa segera dituntaskan sehingga masyarakat bisa segera menggunakan secara luas,” ujar Anies.

Berdasarkan pantauan Okezone Otomotif, terdapat ratusan kendaraan listrik yang mengikuti konvoi kali ini. Anies sendiri berada di baris terdepan mengendarai sepeda motor listrik Gesits diikuti oleh sejumlah tamu kehormatan. Rombongan memulai konvoi dari kawasan Bundaran Senayan menuju Bundaran HI untuk kembali ke titik akhir di depan Patung Pemuda Senayan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh jelang konvoi, kendaraan yang bergabung mencapai sekitar 140 unit. Jumlah itu didominasi oleh kendaraan roda dua jenis sepeda motor listrik. Selain itu terdapat sederet mobil dari berbagai merek seperti Mitsubishi, Nissan, BMW, hingga Tesla.

Motor Listrik

Turut tampil juga komunitas pengguna skuter listrik, armada bus listrik milik TransJakarta, hingga kendaraan modifikasi dengan sumber tenaga listrik yang digunakan sebagai alat angkut sampah di tingkat lingkungan warga. "Seru juga melihat beragam kendaraan listrik di acara ini," ujar salah satu warga kepada Okezone Otomotif. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini