Unik, Mobil Bobot 1,6 Ton Diderek Menggunakan Motor

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 27 52 2122413 unik-mobil-bobot-1-6-ton-diderek-menggunakan-motor-Jsy04XHMt0.jpeg Motor patroli jalan bebas hambatan Inggris menderek mobil bermasalah menuju lokasi aman (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Kendaraan mogok kerap menjadi penyebab dari terhambatnya lalu lintas di jalur besar. Mengatasi masalah tersebut, pengelola jalur tol di Inggris memiliki solusi yang terbilang praktis dengan menambatkan fasilitas derek pada petugas bersepeda motor gede (moge).

Petugas jalan bebas hambatan di Inggris tersebut melakukan patroli rutin maupun memenuhi panggilan, untuk dapat memastikan kendaraan bermasalah bisa berpindah ke tempat aman. Bahkan para petugas menyandang sebutan Minuteman Patrol, alias pertolongan darurat yang tiba dalam waktu singkat.

 Motor Derek

Moge yang digunakan biasanya merupakan jenis Honda Goldwing dengan penambahan komponen trailer hidrolis adaptif, yang muat pada bagasi belakang. Seorang petugas dapat menyiapkan alat derek ini kurang dari 10 menit, sejak mengeluarkan seluruh komponen dari bagasi motor patrolinya.

Bagian depan dari kendaraan yang membutuhkan pertolongan darurat dapat dikaitkan dengan komponen derek, sehingga ban depannya terangkat. Motor tersebut memiliki kemampuan untuk menderek kendaraan dengan bobot mencapai 1.600 Kg, kekuatan stabil dari motor mampu menarik mobil dengan kecepatan mencapai sekitar 40 Kpj.

 Motor Derek

Kecepatan derek yang tidak terlalu tinggi tersebut tidak menjadi masalah besar, mengingat tugas motor patroli ini hanya mengantarkan mobil serta pengendara menuju tempat aman. Seringkali, kendaraan yang berada dalam situasi darurat akan diarahkan menuju area perbaikan darurat maupun tempat peristirahatan terdekat pada jalur tol tersebut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini