nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lexus Ujicobakan Sedan LS Berteknologi Kendara Otonom Selama Olimpiade 2020

Medikantyo, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 11:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 28 52 2122555 lexus-ujicobakan-sedan-ls-berteknologi-kendara-otonom-selama-olimpiade-2020-SlehFC24Lv.jpg Mobil otonom keluaran Lexus siap unjuk kemampuan tahun depan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Konsep kendaraan otonom disiapkan unjuk kemampuan selama gelaran Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Tidak hanya menawarkan sistem transportasi untuk mengangku atlet, para pengunjung memiliki kesempatan menjajal pengalaman berkendara dengan mobil otonom.

Kesempatan tersbeut ditawarkan oleh produsen kendaraan Lexus yang menyiapkan sebuah unit kendaraan berbasis sedan. Model sedan mewah dari anak perusahaan Toyota tersebut memiliki platform kendaraan otonom Level 4. Kendaraan itu bakal beroperasi sebagai layanan angkutan dalam wilayah terbatas.

 Lexus LF

Pengunjung yang berkeinginan menjajal menaiki kendaraan tersebut wajib mendaftarkan diri melalui laman tertentu pada Olimpiade nanti. Ujicoba operasional kendaraan otonom dengan model Lexus LS itu nantinya akan berlangsung dalam area distrik Odaiba, Tokyo.

Program ujicoba kendaraan dengan platform otonom level empat (P4) pada kendaraan Lexus itu berlangsung mulai Juli hingga September 2020. "Tantangan mengoperasikan kendaraan otonom di Odaiba nanti merupakan capaian besar yang menuntut kami melebarkan kemampuan teknologi dalam waktu singkat," ujar CEO Institut Riset Toyota, Gill Pratt.

Lexus LF

Kendaraan otonom Level 4 menandai kemampuan operasional tanpa membutuhkan interaksi penuh dari pengendara. Mobil tersebut bahkan dibekali kemampuan mengantisipasi potensi keadaan darurat pada kendaraan. Namun, berdasarkan Undang-undang transportasi di Jepang, Lexus tetap akan menyediakan pengendara darurat dalam unjuk kemampuan mobil otonomnya nanti.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini