Jalan Panjang General Motor Usai Tutup Pabrik Hingga Lepas Pasar Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 52 2122855 jalan-panjang-general-motor-usai-tutup-pabrik-hingga-lepas-pasar-indonesia-6JJoH493J2.jpg Ilustrasi kegiatan promosi Chevrolet di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta (Foto: Okezone.com/pool/General Motors Indonesia)

JAKARTA - Keputusan besar diambil General Motors (GM) Asia Tenggara untuk menarik operasinya di Indonesia pada Maret 2020 mendatang. Langkah ini berdasarkan pertimbangan strategis terhadap bisnis GM Indonesia yang tinggal mengandalkan produk dengan merek Chevrolet.

Sinyal menurunnya daya saing Chevrolet di Indonesia mulai muncul ketika GM resmi menutup pabriknya di Bekasi, Jawa Barat pada 2015 lalu. Ketika itu lini produksi dari pabrik GM Indonesia masih merakit kendaraan model MPV Chevrolet Spin hingga periode Juni 2015.

 Chevrolet

Angka utilisasi optimal dari pabrik tersebut berdasarkan data pada 2015, hanya mencapai 25 persen dari total kapasitas sebesar 40.000 unit per tahun. "Terhitung sejak Maret hingga Juni pabrik Bekasi memproduksi 3.000 unit Chevrolet Spin," ujar Maria Sidabutar beberapa waktu lalu.

Menariknya penutupan pabrik tersebut tidak menghambat GM Indonesia memperkenalkan model baru seperti Chevrolet Spark dan Trax kepada konsumen. Bahkan, Chevrolet sempat melakukan pembaruan atau facelift pada model kendaraan kompak Trax. Kehadiran kendaraan tersebut menjadi varian pendamping untuk model utama SUV Chevrolet Trailblazer.

Seluruh model kendaraan penumpang tersebut masihj dijual oleh General Motors Indonesia dengan mencantumkannya pada laman resminya. Lini kendaraan GM itu masih ditambah dengan model kendaraan pikap double cabin Chevrolet Colorado.

Persaingan ketat di pasar otomotif Indonesia pada akhirnya harus memaksa GM Indonesia melangkah mundur secara perlahan. "Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan," ujar Presiden GM Asia Tenggara, Hector Villarreal.

 Chevrolet

Terlepas dari keputusan penghentian penjualan yang dilakukan pada Maret 2020 nanti, GM Indonesia masih menjamin pelayanan purnajual serta klaim garansi. Dalam laman resminya juga, GM menyebut masih akan melayani klaim garansi hingga perbaikan melalui jaringan diler resmi di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini