nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berangkat Kerja, Dua Menteri Ini Masih Setia Gunakan Toyota Crown Lama

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 17:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 52 2123245 berangkat-kerja-dua-menteri-ini-masih-setia-gunakan-toyota-crown-lama-040sJnOkRY.jpg Kendaraan dinas Menko Polhukam Mahfud MD masih bertugas di lingkungan Kemenko Polhukam pada Selasa (29/10/2019) (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Ternyata belum semua Anggota Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 sudah menerima serta menggunakan kendaraan dinas baru berupa Toyota Crown HV 2.5 G-Executive. Berdasarkan informasi yang diterima oleh Okezone, setidaknya ada dua Menteri masih menggunakan kendaraan dinas lama.

Menteri pertama yang terpantau menggunakan mobil dinas Toyota Crown Royal Saloon itu adalah Menko Polhukam, Mahfud MD. Berdasarkan pantauan pada Selasa (29/10/2019), mobil dinas berpelat RI 16 terparkir dalam garasi di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta.

 Toyota Crown

Pada hari yang sama, terdapat foto yang menunjukkan mobil dinas Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Pada bagian belakang mobil tersebut terdapat pelat nomor khusus RI 40 yang menunjukkan statusnya sebagai kendaraan dinas Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sebelumnya sebanyak 18 unit mobil Toyota Crown HV 2.5 G-Executive sebagai kendaraan dinas baru Anggota Kabinet dan Pejabat Setingkat Menteri, terlihat diparkir dalam lingkungan Gedung DPR/MPR RI. Salah satunya menggunakan pelat nomor khusus RI 7 yang mengacu kepada kendaraan dinas Ketua MPR RI.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai penanggung jawab dalam pengadaan kendaraan dinas Menteri terbaru sebelumnya sudah menyalurkan seluruh kendaraan kepada pihak pemerintah. Namun, PT TAM melalui dilernya tidak mendapat informasi kapan tepatnya mobil tersebut digunakan seluruh Menteri.

Keberadaaan sebanyak 101 unit mobil bermesin 2.5 L tipe A25A-FXS I4 hybrid itu, menghabiskan dana senilai Rp147 Miliar. Pengiriman unit kendaraan yang merupakan generasi ke-15 dari lini sedan mewah Toyota itu dilakukan langsung dari Jepang. "Mohon maaf kami tidak menjualnya kepada konsumen retail di Indonesia walau ada yang berminat," kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

 Toyota Crown

Penyerahterimaan kepada pihak Pemerintah, yang dikabarkan Biro Umum Sekretariat Negara, menandakan segala persiapan terkait mobil tersebut sudah dilakukan oleh PT TAM melalui diler resminya. "Persiapannya sebenarnya sederhana memasang komponen seperti pelat nomor serta aksesori lain yang menandakan sebagai kendaraan dinas pemerintah," ujar Anton beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini