nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Generasi Baru Nissan Leaf Bertenaga 304 HP, Ini Rahasia Racikannya

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 19:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 52 2123283 generasi-baru-nissan-leaf-bertenaga-304-hp-ini-rahasia-racikannya-ZYbWk4F8OX.jpg Nissan Leaf dengan gubahan motor ganda dalam uji kendara di Jepang (Foto: Okezone.com/pool/Nissan)

TOKYO - Keraguan terhadap potensi performa mobil listrik coba dijawab oleh Nissan. Produsen asal Jepang tersebut menerapkan skema rangkaian motor listrik ganda pada varian kendaraan listrik andalan mereka, Nissan Leaf.

Komposisi motor listrik ganda yang berada dalam mobil ini, masing-masing terletak pada bagian depan serta belakang kendaraan. Konsep penggunaan dua motor listrik sebagai rangkaian daya pada Nissan Leaf diharapkan menghadirkan pengalaman berkendara lebih menarik.

 Nissan Leaf

Kekuatan yang dihasilkan oleh rangkaian motor listrik ini tentunya lebih besar dari model Nissan Leaf biasa yang beredar di pasaran. Diperkirakan kekuatan rangkaian daya tersebut menyentuh 304 Hp serta torsi puncak pada kisaran 680 Nm.

Nissan belum menyebut perkiraan performa dari model Leaf yang diujikenadara selama Tokyo Motor Show lalu tersebut. Namun, untuk mengantisipasi tenaga dari pemakaian motor ganda dalam mobil listrik itu, Nissan menggunakan sistem penggerak semua roda (AWD).

Teknologi brake-based torque vectoring system juga tersedia pada gubahan Nissan Leaf ini untuk membantu pengendalian kendaraan menjadi lebih baik. Terutama, dalam membagi torsi hasil perputaran motor secara merata pada tiap roda.

Alasan lain penempatan motor listrik pada bagian belakang, disebut memberi keuntungan selain menambah daya kendaraan. Penambahan motor listrik itu memberi traksi tambahan sehingga mengurangi risiko selip pada permukaan jalan yang tergolong licin.

 Nissan Leaf

Rancangan rangkaian daya dengan dua motor listrik tersebut sebelumnya tercantum dalam rancangan konsep mobil listrik Nissan Ariya, yang juga mejeng dalam Tokyo Motor Show 2019. Mengutip dari laman Car and Driver, konsep penggerak semua roda juga sesuai dengan karakter Ariya sebagai model crossover.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini