nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berteduh di Kolong Flyover, Pemotor Bisa Kena Tilang Rp250 Ribu

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 10:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 29 53 2122990 berteduh-di-kolong-flyover-pemotor-bisa-kena-tilang-rp250-ribu-ozBMytivH9.jpg Ilustrasi arus kendaraan roda dua di jalanan Jakarta (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Pengendara roda dua di ruas jalan Ibu Kota kerap memanfaatkan kolong jembatan atau jalan layang (flyover) untuk berteduh ketika hujan tiba. Imbas dari kebiasaan ini sering berakibat terhambatnya arus lalu lintas di menuju area tersebut.

Menanggapi keluhan tersebut Ditlantas Polda Metro Jaya berniat menerapkan sanksi kepada pengendara yang berteduh di kolong flyover. Namun, dengan catatan bahwa pengendara tersebut sudah terbilang mengganggu arus lalu lintas di sekitar jembatan tersebut.

 Lalu Lintas

Petugas akan lebih dulu melakukan pendekatan kepada para pengendara agar tidak menghambat arus lalu lintas. "Penumpukan kendaraan roda dua yang memakan badan jalan tentu berdampak pada potensi kemacetan lalui lintas," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto.

Sanksi berupa penindakan langsung atau tilang bisa dikenakan kepada pengendara yang menghambat arus lalu lintas tersebut. Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 282 denda tilang tersebut dapat mencapai Rp250 ribu. Tentang kepatuhan pengendara kepada petugas kepolisian.

 Lalu Lintas

Oleh karena itu denda tilang tersebut akan diberlakukan jika pemotor masih nekat berteduh, walaupun sudah diperingatkan oleh petugas. "Tentunya arahan awal dari petugas yang berpatroli kepada pemotor adalah membubarkan diri atau meninggalkan lokasi tersebut," ujar Budiyanto menambahkan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini