nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menerka Alasan Nissan Akan Lepas Datsun

Mufrod, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 30 52 2123715 menerka-alasan-nissan-akan-lepas-datsun-cmPTGEw6M0.jpg Peluncuran mobil Datsun di Indonesia (foto: Okezone)

JAKARTA - Pasca permasalah yang melibatkan Carlos Ghosn, kondisi produsen Nissan mulai goyah, kondisi keuangan yang sulit membuat produsen yang cukup besar di negara prinsipilnya ini mulai melakukan pembenahan.

Selain memangkas para pekerjanya di seluruh dunia yang mencapai 12.500 orang, langkah menutup kembali merek Datsun juga akan menjadi pilihan yang harus dilakukan Nissan.

 Datsun

Menarik sejarah awal kembali dihidupkannya Datsun tak lepas dari keputusan yang diambil Carlos Ghosn sebagai pimpinan aliansi. Dalam keputusan tersebut, Ghosn mengungkap posisi produsen Datsun yang akan mengisi pasar negara berkembang salah satunya Indonesia.

 Datsun

Sayangnya lahirnya kembali Datsun di bawah kepemimpinan Ghosn, setelah ditutup pada 1980, tak mampu memberikan raport penjualan yang baik. Di Indonesia sendiri Datsun tak mampu bersaing ditengah gempuran produsen Jepang yang mengandalkan kendaraan low cost green car (LCGC).

Nissan menilai hadirnya Datsun justru membawa beban tersendiri bagi perjalanan bisnisnya. Bahkan salah satu sumber Nissan mengungkap akan meninggalkan warisan yang ditinggalkan ghosn.

 Datsun

Artinya, kabar Nissan yang akan menutup produksi Datsun di seluruh negara berkembang bukan isapan jempol belaka. Saat ini Nissan akan terus melakukan berbagai macam cara agar mencapai pemulihan dari kondisi dari sisa kepemimpinan Carlos Ghosn. Salah satu target yakni mencapai angka penjualan yang maksimal.

 Datsun

Datsun sendiri merupakan merek yang sebelumnya telah disuntik mati oleh produsen Nissan pada era 80-an. Namun belakangan Carlos Ghosn menghidupkan kembali merek ini sebagai produk yang khusus memenuhi pasar negara berkembang, salah satunya Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini