nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negara-Negara yang Telah Menggunakan STNK Model Kartu

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 01 52 2124544 negara-negara-yang-telah-menggunakan-stnk-model-kartu-mr8JUbu1J8.jpg STNK model baru dengan model Kartu (foto: Korlantas Polri)

JAKARTA - Rencana Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, akan mengganti bahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dengan model kartu, diketahui bukanlah yang pertama di dunia. Beberapa negara di dunia diketahui telah menggunakan STNK model kartu.

Diantara negara yang telah menggunakan kartu pada STNK diantaranya, Bulgaria, Finlandia, Islamabad, Ukraina, India, Belanda. Beberapa negara tersebut seperti dikutip dari Korlantas Polri, telah memiliki STNK dalam bentuk kartu yang sudah diaplikasikan kepada seluruh pemilik kendaraan.

 STNK Model baru

Bahkan dari beberapa negara tersebut, India, Islamabad dan Belanda telah menggunakan chip yang tertera pada kartu STNK yang digunakan. Diperkirakan chip tersebut digunakan untuk menyimpan data pemilik kendaraan serta identitas kendaraan yang dimiliki.

 STNK Model baru

Dengan hadirnya STNK model kartu akan memudahkan pemilik kendaraan dalam menjaga surat kendaraannya yang saat ini terbilang masih rentan rusak. Karena di Indonesia saat ini, STNK yang beredar masih menggunakan material kertas.

Penggantian STNK model baru sendiri, menurut Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra saat ini tengah disiapkan Korlantas Polri dan seperti peluncuran smart SIM sebelumnya, dimana Korlantas Polri sudah melakukan kordinasi dengan stakeholder seperti Dishub dan Bappeda.

 STNK Model baru

"Kita sudah melakukan forum group discussion dengan Dishub dan Bappeda," pungkasnya kepada Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini